Minggu, 16/02/2020 20:55 WIB | Dibaca: 613 kali

Kopi Plus Gandeng Perpatri, Peringati Hari Kanker Sedunia


Kopi Plus menggelar acara peringatan hari kanker sedunia tahun 2020, di Dusun Kepek, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Minggu (16/02/2020). Foto: Ali Mutaqin

BANTUL- Komunitas Pelestari Lagu-Lagu Koesploes (Kopi Plus) menggelar acara peringatan hari kanker sedunia tahun 2020, di Dusun Kepek, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Minggu (16/02/2020). 

Acara yang diikuti sekira 220 undangan dan dihadiri Bupati Bantul, H. Suharsono tersebut, diisi dengan berbagai acara. Diantaranya pijat terapi gratis bekerjasama dengan Perkumpulan Terapis Patah Tulang Urat dan Sendi Indonesia (PERPATRI), senam masal, pemeriksaan kesehatan gratis dan penyuluhan tentang kanker bekerjasama dengan Baznas didukung Pemerintah Kabupaten Bantul.

Panitia juga membagikan 95 item doorprise untuk peserta plus hadiah utama sepeda dari para sponsor dan donatur.

Koordinator acara, Anang Joko Susilo mengungkapkan, hari kanker se dunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari, menjadi momen penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap bahaya kanker. Menurutnya meskipun Kopi Plus adalah group band, namun tidak semata hanya bergerak di percetakan bidangbidang musik atau kesenian. Kopi Plus yang berdiri sejak Agustus 2016 silam dengan lima orang musisi dan lima vokalis, juga mengusung misi sosial bersama 25 orang komunitas jogetnya,

“Kegiatan kami selain bermusik, juga bagaimana memberikan manfaat untuk masyarakat. Dalam setiap kegiatan kami bersama komunitas joget (Poco-Poco Kopi Plus Community), termasuk dalam kegiatan peringatan hari kanker sedunia hari ini,” ungkapnya.

Anang menjelaskan, diselenggarakannya acara peringatan hari kanker sedunai, karena Kopi Plus tergerak untuk turut memberikan edukasi tentang kanker terhadap masyarakat. Menurut data dari lembaga kesehatan internasional (WHO), Indonesia termasuk negara dengan penderita Kanker yang cukup tinggi, yaitu pada urutan ke 8 Asia, dan untuk tingkat nasional, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tertinggi,

"Harapannya dengan cara yang menghibur ini masyarakat lebih peduli terhadap bahaya kanker,

bisa menanggulangi, setidaknya jika suatu saat dirinya atau keluarganya atau tetangganya kena kanker mengetahui kemana mereka harus pergi. Yang tak kalah penting diselenggarakannya acara ini adalah menjaga guyub rukunnya warga masyarakat,” ujarnya.

Ketua DPP PERPATRI, Lesgiono mengatakan, PERPATRI mendukung kegiatan Kopi Plus yang peduli terhadap penanggulangan penyakit kanker. Sebagai organisasi yang menaungi terapis khususnya patah tulang urat dan sendi, PERPATRI senantiasa berkomitmen mendukung program pemerintah, organisasi atau komunitas masyarakat yang peduli kesehatan dan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Harapannya masyarakat semakin mendapatkan pengetahuan terkait penyakit kanker, menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari kanker, hingga bagaimana memberikan informasi yang tepat terkait pencegahan dan penanganan kepada penderita kanker,” harap Lesgiono.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Bantul, Suharsono mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai dan menghindari penyebab kanker. Ia mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, rajin berolah raga, tidak merokok, hingga menjaga kebersihan lingkungan. Ia juga meminta masyarakat Kepek untuk senantiasa menjaga kerukunan. (rd2)

Redaktur: Ali Muttaqin.

 

 

Berita Terkait

 





Baca Juga