Anak Kos Krisis Makanan, Anggota DPRD Kota Yogyakarta Berbagi di Kampung Gendeng

YOGYAKARTA – Pandemi Covid19 yang melanda Kota Yogyakarta telah menimbulkan masalah yang serius terhadap kehidupan masyarakat di berbagai sektor. Kendati efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid19, kebijakan pembatasan sosial hampir melumpuhkan perekonomian di Yogyakarta.

Tak hanya masyarakat biasa, mahasiswa dari berbagai daerah yang banyak menuntut ilmu di Kota Pelajar ini, juga sangat merasakan dampak dari pembatasan sosial dari pandemi Covid-19.

“Banyak mahasiswa dari berbagai daerah tidak bisa pulang kampung dan tidak mendapat kiriman uang dari orang tua di daerah, karena disana juga mengalami persoalan yang sama. Sedangkan mahasiswa yang biasa bekerja part time, juga kini menganggur,” kata Anggota DPRD Kota Togyakarta, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP saat dihubungi, Jumat (01/05/2020).

Dalam keadaan seperti itu, problem yang riil dari para mahasiswa yang kost selain biaya bulanan kost dan kebutuhan lain adalah persoalan kebutuhan makanan,

“Persoalan permakanan ini menjadi suatu problem di depan mata yang harus diselesaikan oleh pemerintah karena pemerintah dibentuk untuk melayani rakyatnya,” ujarnya.

Fokki mengaku mendapat laporan ada sekitar 9 orang anak kost dari berbagai daerah yaitu Sumba, Papua dan Medan di daerah Kampung Gendeng Baciro mengalami persoalan permakanan. Sebagai wakil rakyat ia terpanggil membantu mereka dengan menyumbangkan paket sembako yang cukup untuk seminggu ke depan.

Fokki yang juga Ketua DPN Repdem Bidang Otonomi dan Pemerintahan Daerah meminta supaya Pemerintah Kota Yogyakarta juga bisa terjun langsung mengatasi persoalan permakanan bagi mahasiswa/pelajar yang kesulitan permakanan,

“Peristiwa di Kampung Gendeng adalah fenomena gunung es, saya yakin banyak lagi yang mengalami persoalan yang sama tapi kebingungan mengadu kemana sehingga mereka merasakan negara tidak hadir,” ujarnya.

Disamping itu Fokki juga membuka posko peduli warga terdampak Covid-19. Tak hanya masyarakat umum, poskonya juga melayani mahasiswa yang kost,

“Kalau masih ada anak kost  kekurangan dalam hal permakanan bisa datang ke Omah Br4FO Jl Teratai 24 Baciro selatan Puskesmas Gondokusuman,” imbuhnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com