Pejabat Baru Danlanal Yogyakarta Kunjungan Kehormatan Kepada Sri Sultan HBX


Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Harry Indarto saat kunjungan kehormatan kepada Sri Sultan HB X. Foto:ist

YOGYAKARTA - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II Kolonel Marinir Harry Indarto, S.E., M.M. melaksanakan Kunjungan Kehormatan  kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X,  di Gedong Wilis komplek Kepatihan Gubernur DIY di Jl. Malioboro No.16, Suryatmajan,  Danurejan, Kota Yogyakarta, Senin (09/11/2020) siang. Kunjungan tersebut sebagai upaya  menjalin sinergitas Danlanal Yogyakarta selaku pejabat baru dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam kunjungan tersebut, gubernur DIY selaku orang nomor satu dijajaran Pemda DIY menyambut hangat dan penuh keakraban Danlanal Yogyakarta. Danlanal Yogyakarta memperkenalkan diri selaku pejabat baru dilingkungan forkopimda DIY. Jabatan Danlanal Yogyakarta diresmikan oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Laksma TNI Mohammad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc., Sc di Mako Lantamal V Surabaya pada tanggal 26 Oktober 2020 lalu.

Dalam kesempatan tersebut Danlanal Yogyakarta juga menyampaikan kepada Ngarso Dalem, sebutan Sri Sultan HB X  sebagai Raja Kraton Yogyakarta sekaligus  Gubernur DIY, bahwa kunjungan kehormatan selain untuk memperkenalkan diri, juga untuk mendapat saran masukan dalam mengawali kedinasannya di wilayah DIY. Selain itu,  juga terkait kegiatan orientasi tugas dalam rangkaian jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Korps Marinir pada 15 November 2020 mendatang.

Pada puncak peringatan HUT Marinir mendatang, direncanakan suatu apresiasi dari pimpinan TNI Angkatan Laut yakni dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan Komandan Korps Marinir TNI Angkatan Laut Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) dengan mengundang Ngarso Dalem untuk hadir pada puncak acara HUT Marinir,

"Hal ini sebagai bentuk penghargaan pimpinan TNI Angkatan Laut kepada Sri Sultan HB X yang telah memberikan sumbangsih nilai budaya Kraton Yogyakarta kepada Korps Marinir," tutur Danlanal Yogyakarta dalam keterangan Pers Pen Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi.

Lebih lanjut dalam kesempatan kunjungan tersebut, membicarakan kerjasama dan dukungan Gubernur DIY terkait rencana pembangunan pelabuhan perikanan Tanjung Adi Karto Kulonprogo yang diharapkan dapat menjadi pendukung kekuatan pertahanan dan keamanan di pesisir pantai selatan pulau Jawa yang sebagian merupakan wilayah kerja Lanal Yogyakarta. Danlanal Yogyakarta juga menyampaikan dukungan untuk percepatan pembangunan pelabuhan tersebut,

"Selain untuk tujuan pertahanan dan keamanan juga untuk kepentingan meningkatkan perekonomian masyarakat DIY khususnya bagi warga di wilayah Kabupaten Kulonprogo, upaya tersebut dilaksanakan dengan terus meningkatkan sinergitas aparat teritorial TNI Polri dan pemerintah daerah," ungkap Danlanal Yogyakarta.

Sebelum menutup kegiatan kunjungan, Gubernur DIY menyampaikan beberapa hal terkait kewilayahan yang dipimpinnya untuk sebagai bekal penugasan Danlanal Yogyakarta. Selanjutnya kunjungan diakhiri dengan foto bersama Gubernur DIY dengan Danlanal Yogyakarta.

Kegiatan kunjungan Danlanal Yogyakarta kepada Gubernur DIY tersebut sejalan dengan harapan pimpinan TNI Angkatan Laut yang tertuang dalam Perintah Harian  Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yakni jalin soliditas dengan segenap komponen bangsa menuju sinergitas dan kesemestaan di wilayah kerja masing-masing. (pr/kt1)

Sumber: Pers Rilis Penlanal Yogyakarta

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga