Dan Pusladiksarmil Inspeksi Kesiapan Dikmata PK TNI AL Angkatan ke-41 Gelombang 1

SIDOARJO – Komandan Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Pusladiksarmil) Komando pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo melaksanakan inspeksi kesiapan Lattek Siswa yang dilaksanakan di lapangan Soputa Tinobala Puslatdiksarmil yang berlokasi di Juanda Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu, (16/06/2021).

Menurut Pusladiksarmil Kodiklatal dalam keterangan pers yang diterima redaksi, inspeksi dilaksanakan dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Latihan Praktek (Lattek) Siswa Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmata PK) TNI AL Angkatan ke-41 Gelombang 1,

“Pelaksanaannya di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Kabupaten Malang,” tuturnya dalam keterangan pers resmi yang diterima redaksi, Rabu (16/06/2021).

Dalam melaksanakan inspeksi tersebut Komandan Pusladiksarmil didampingi oleh Wadan Puslatdiksarmil, Komandan Sekolah Bintara Puslatdiksarmil serta para Kepala Departemen (Kadep) dijajaran Puslatdiksarmil.

Disela-sela Inspeksi, Danpuslatksarmil Kodiklatal Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo menyampaikan bahwa lattek Siswa Dikmaba PK TNI AL Angkatan ke-41 Gelombang 1 ini diikuti 745 siswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan dasar keprajuritan di Sekolah Bintara Puslatdiksarmil. Adapun inspeksi yang dilakukan adalah mengecek kesiapan pelaksanaan latihan baik keperluan dan kelengkapan perorangan maupun kelengkapan penyelenggara latihan dalam hal ini lembaga pendidikkan Sekolah Bintara Puslatdiksarmil.

Lebih lanjut Pamen melati tiga ini menyampaikan bahwa Lattek lapangan di Puslatpur Purboyo Kabupaten Malang tersebut merupakan aplikasi dari teori yang didapat selama siswa menempuh pendidikan di kelas. Lattek yang lebih dikenal dengan Lattek berganda dan jurit tangkas tersebut terbagai dalam beberapa materi.

Dalam kegiatan praktek tersebut siswa dituntut mampu menyelesaikan beberapa problem latihan diantaranya montenering, perembesan, jurit tangkas, jurit malam, kompas siang dan malam, sea and jungle survival, menembak senapan laras panjang dan laras pendek, melempar granat, dan diakhiri Lintas Medan (Limed) sejauh 35 Km.

Selain melibatkan 745 siswa dalam Lattek tersebut juga melibatkan 45 personil yang terdiri Pembimbing Siswa (Bingsis), Tim Kesehatan dan Pomal. Sedangkan randis yang digunakan 22 kendaraan meliputi kendaraan Bus, Truk, Foreder dan ambulan. Apel kelengkapan ini sesuai dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam membangun sumberdaya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi  segala ancaman. (pr/kt3)

Redaktur: Hamzah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com