Peringati 2 Dasawarsa Mengabdi, Forum PAUD Sleman Gelar Familly Gathering

Forum PAUD Sleman

SLEMAN – Peringati 2 dasawarsa atau 20 tahun pengabdian, Forum Pengembangan Anak Usia Dini (Forum PAUD) Kabupaten Sleman menggelar Familly Gathering, di Rumah Makan Kopi Petung, Kepuharjo, Cangkringan Sleman, Rabu (02/11/2022).

Ketua forum PAUD Haryanti, M.Pd mengatakan, tema yang diangkat kegiatan adalah “2 dasawarsa Perjalanan PAUD di Sleman.”

Menurutnya, Forum PAUD Sleman dibentuk pada tahun 2004. Selama 20 tahun Forum PAUD telah melaksanakan program-program yang selaras dengan dinas Pendidikan Kabupaten Sleman untuk memajukan PAUD di Kabupaten Sleman.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan Familly Gathering adalah sebagai sarana untuk mengingat kembali perjalan Forum PAUD di Kabupaten Sleman selama 2 dasawarsa ini. Kegiatan ini juga sebagai sarana silaturahmi dan menempatkan keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai salah satu aset daerah Sleman,” ungkapnya kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Haryanti menjelaskan, kegiatan Familly Gathering juga bertujuan sebagai sarana menumbuhkan dan memperkuat modal sosial yang ada di masyarakat. Selain itu, kata dia, event yang pertama kali digelar ini juga sebagai upaya mendorong Forum PAUD di Kabupaten Sleman untuk bisa membangun komunikasi, bermitra, bekerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan, sebagai sarana para pendidik dan tenaga kependidikan Lembaga PAUD serta stekeholder untuk bersilaturahmi,” harapnya.

Kegiatan Familly Gathering diikuti sedikitnya 140 peserta dari pengurus Forum PAUD, guru atau pendidik, serta tamu undangan para tokoh Forum PAUD Kabupaten Sleman sejak 2004. Hadir dalam acara Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Drs. Ery Widaryana, MM. didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas Dra. Sri Sumiyatun serta Wakil Ketua komisi D DPRD Kabupaten Sleman, dr. Raudi Akmal.

Dalam sambutannya Ery mengungkapkan apresiasinya terhadap terselenggaranya Familly Gathering yang diselenggarakan Forum PAUD Kabupaten Sleman. Menurutnya, peran guru PAUD sangat vital dalam membentuk karakter generasi bangsa sejak dini.

“Selamat kepada Forum PAUD Kabupaten Sleman yang sudah berkarya untuk memajukan Pendidikan PAUD di Sleman. Pendidikan PAUD ini luar biasa karena di PAUD ini kita bisa memberikan penanaman konsep dan pendidikan karakter kepada anak-anak. Dari anak-anak PAUD inilah kita bisa mempersiapkan generasi yang unggul di masa yang akan dating,” tuturnya.

Ery juga menilai Pendidik PAUD sudah melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi.

“Di PAUD inilah bapak ibu sekalian istilahnya hangabehi dalam memberdayakan anak-anak kita. Apapun dilakukan. Di rencana pembelajaran tidak dituliskan, tetapi dilakukan. Ini luar biasa,” ucapnya.

Ery berharap, para guru atau pendidik PAUD di Kabupaten Sleman tetap senantiasa melaksanakan tugasnya dengan tulus dan ikhlas demi mempersiapkan generasi penerus bangsa.

Sebagai bentuk perhatian dan penghargaan kepada guru PAUD, Pemerintah Kabupaten Sleman akan meningkatkan anggaran untuk fasilitasi pada tahun 2023 ini dana fasilitasi.

“Ini semua untuk mengampu biar semua terdaftar di BPJS ketenaga kerjaan, sudah kita usulkan dan sudah di setujui. Inilah wujud perhatian pemerintah kabupaten agar guru PAUD dalam melaksanakan opengabdiannya lebih tenang dan kita harapkan lebih fokus dalam memajukan PAUD,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua komisi D DPRD Kabupaten Sleman, dr. Raudi Akmal mengatakan Point terpenting dari PAUD adalah menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Ia mengingatkan agar PAUD juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi.

“Karena kemajuan teknologi tidak bisa dihambat. Kemajuan teknologi menjadi berdampingan dengan kita sebagai pendidik untuk menciptakan generasi emas di masa mendatang, generasi yang bisa mengembangkan Indonesi menjadi negara maju,” katanya.

Raudi menilai Forum PAUD telah melakukan langkah yang luar biasa dengan mengupayakan bagaimana para guru, pendidik dan tenaga kependidikan memiliki jiwa mengajar anak usia dini. Sebagai anggota dewan ia mendorong agar PAUD di Sleman semakin maju dengan turut mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru atau pendidik.

“Bagaimana kesejahteraan guru dan tenaga pendidik itu harus kita tingkatkan, tentunya dengan menggunakan dasar anggaran yang kita miliki. Kita terus melakukan improvisasi. Fasilitas untuk Guru PAUD penting, sehingga kita selalu berusaha bagaimana menciptakan fasilitas yang paripurna untuk para pendidik di Kabupaten Sleman,” pungkasnya.

Acara Familly Gathering “2 dasawarsa Perjalanan PAUD di Sleman” dimeriahkan dengan pentas kreativitas para pengurus Forum PAUD dari berbagai Kapanewon (Kecamatan) di wilayah Kabupaten Sleman. Dalam acara tersebut juga diserahkan kenang-kenangan kepada para sesepuh atau tokoh PAUD Kabupaten Sleman.(rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

Powered by rasalogi.com