Minggu, 19/01/2014 16:12 WIB | Dibaca: 1108 kali

Lagi, Sampah Dibiarkan Menumpuk di Alkid


Tumpukan sampah menggunung di kawasan Alun-alun Kidul. Foto/azwar

YOGYAKARTA - Kawasan Alun-Alun Kidul (Alkid) yang menjadi salah satu ikon pariwisata Yogyakarta Minggu siang (19/1/2014) terlihat kotor dipenuhi sampah-sampah berupa plastik maupun sisa-sisa makanan berserakan di tengah alun-alun, maupun di pinggir trotoar.

Tak hanya itu, sampah tersebut juga menggunung di salah satu sudut trotoar jalan yang menimbulkan bau tak sedap dan tentunya merusak pemandangan.

Banyaknya warung serta seringnya lokasi ini dijadikan tempat nongkrong diduga menjadi penyebab timbulnya lautan sampah di Alun-alun Kidul. Walaupun Pemkot Yogya melalui dinas terkait telah meletakkan dua titik tempat penampungan sampah. Nyatanya kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan masih sangat minim.

Dari pantauan jogjakartanews.com Minggu siang (19/1/2014) tumpukan sampah yang berada di Alkid masih belum diangkut oleh petugas kebersihan, akibatnya bau tak sedap sangat terasa saat masuk di komplek Alun-alun.

Menurut Rani (23) salah seorang wisatawan asal Jakarta yang berkunjung ke Alkid mengatakan, sampah yang menumpuk seharusnya cepat diangkut petugas agar wisatawan yang datang tidak kecewa dengan bau busuk yang ditimbulkan.

"Masa kawasan wisata banyak sampah berserakan di mana-mana," jelasnya.

Tumpukan sampah yang menggunung di kawasan alun-alun kidul diharapkan cepat di angkut oleh petugas kebersihan, sehingga para wisatawan yang berkunjung dapat menikmati suasana Yogya yang aman dan nyaman. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga