Rabu, 12/02/2014 11:48 WIB | Dibaca: 2209 kali

Tiga Fosil Kayu Ditemukan Warga Pengkol


Warga datang melihat ketiga fosil kayu tersebut. Foto/aditya

GUNUNGKIDUL - Tiga fosil kayu ditemukan warga Dusun Pengkol, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar di lokasi berbeda. Ketiga fosil kayu tersebut juga sudah diteliti oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY.

Penemu ketiga fosil kayu, Wagino (45) warga setempat mengisahkan penemuan fosil kayu tersebut pertama kali ditemukan di kompleks makam Sunan Terboyo sekitar empat tahun silam.

"Awalnya melihat atasnya saja. Karena mirip fosil kayu langsung saya gali," katanya kepada Jogjakartanews.com, Rabu (12/2) siang.

Wagino mengatakan, sementara dua fosil berukuran besar ditemukan di tengah sungai Mertelu Kecamatan Gedangsari sekitar satu tahun yang lalu. Saat sedang melintas di sekitar sungai ia mengetahui dua fosil kayu di tengah sungai.

"Saya meminta tolong warga untuk mengambil fosil itu. Kedua fosil berukuran diameter 50 centimeter," katanya.

Selanjutnya, kata Wagino, ia menyerahkan ketiga fosil tersebut kepada pemerintah. Jika itu hak pemerintah pihaknya akan merelakan untuk diserahkan kepada pemerintah.

"Masih akan diteliti kalau tidak masuk cagar budaya ketiga fosil itu akan diberikan sertifikat bebas. Jadi mau dijadikan koleksi pribadi atau dilelang sudah legal," tambahnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga