Jelang Lebaran Rental Mobil ‘Panen’ Penyewa, Pengelola APPKY Dipastikan Kekurangan Armada


Pemilik rental mobil Aselia, Soyono. Foto: doc/jn

YOGYAKARTA - Meski lebaran masih dua pekan lagi, namun pengelola rental mobil sudah "panen" penyewa. Bahkan diprediksi sekitar 4.500 unit armada yang dikelola para pengusaha rental se DIY yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta (APPKY), bakal kekurangan armada untuk melayani penyewa.

Menurut pemilik Rental Mobil Aselia Transport, sekaligus bendahara APKY, Suyono, order penyewa sejak awal Ramadhan sudah mulai tinggi.

"Untuk order lebaran dari 75 mobil yang saya kelola di Aselia saja sudah 70% dibooking dan di-DP dan dari para penyewa adalah langganan yang 99% orangnya sudah kami kenal, sehingga aman. Melihat order dari penyewa terus bertambah, dipastikan pengusaha rental di komunitas (APPKY) bisa kekurangan armada," ungkap Suyono kepada jogjakartanews.com, di Kantor Aselia di Jl. Parangtritis Km 4,5 Yogyakarta, Jumat (11/07/2014) malam.

Dikatakan Suyono, Lonjakan kebutuhan lebaran sudah menjadi tradisi. Sementara untuk harga sewa lebaran, Suyono mengatakan rata-rata pengelola menaikkan harga dua kali lipat dari harga hari-hari biasanya.

Namun demikian, kata Suyono, orang sudah mulai pandai berhitung. Setinggi apapun harga sewa mobil disaat lebaran masih lebih efisien menyewa daripada membawa kendaraan pribadi dari luar kota.

Dia berpendapat, akhir-akhir ini perantau yang di Jakarta dan Surabaya sudah berkurang animo membawa mobil pribadi sendiri karena padatnya lalu lintas dan fasilitas jalan yang masih rusak. Demikian Juga perantau di Jogja yang ingin mudik ke wilayah sekitar Jawa Tengah.

"Fasilitas jalan yang kurang memadahi akan beresiko tinggi di perjalanan bagi mobil pribadinya. Apalagi disaat lebaran. Jadi orang lebih cenderung memilih pesawat atau kereta sampai di Jogja. Setibanya di Jogja mereka baru menyewa mobil dari jasa rental untuk bersilaturahmi dengan keluarga sekaligus berwisata di Jogja, kota seribu tempat wisata," pungkasnya. (yud)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga