Senin, 10/11/2014 15:52 WIB | Dibaca: 1086 kali

Sultan: Pahlawanku Idolaku Jangan Sekadar Ungkapan


Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Stadion Mandala Krida. Foto: doc.Pemda

YOGYAKARTA – Gubernur DIY, Sultan HB X menjadi  Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2014 di Lapangan Mandala Krida Senin (10/11/2014). Upacara tersebut diikuti unsur Pemda DIY, TNI, dan Polri.

Tema peringatan hari pahlawan tahun ini adalah “Pahlawanku Idolaku”. Hal itu dimaksudkan untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai “panutan” maupun figur idola pencarian jati diri.

“Dengan itu diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di “dada” setiap insan Indonsia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa,” tutur Sultan membacakan Sambutan Menteri Sosial RI, Kofifah Indar Parawansa.

Dalam sambutannya Mensos menandaskan sikap Kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi. Sikap Kesetiakawanan Sosial adalah perwujudan dari kepekaan sosial atau batin.

“Kita harus memaknai semua itu bukan hanya sekadar ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kesatuan moral yang dapat diterapkan di semua  aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Upacara Peringatan Hari Pahlawan juga dilaksanakan  di Halaman Kepatihan Yogyakarta yang diikuti oleh karyawan-karyawati dilingkungan Pemda DIY dengan tata urutan yang sama sebagaimana dilaksanakan di Lapangan Mandala Krida. Inspektur Upacara yang sedianya oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X , diampu oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra   Sekda DIY, Drs. Sulistyo, SH, Cn, M.Si.

Dalam upacara peringatan di kepatihan juga dibacakan  pesan-pesan para pahlawan. Diantaranya pesan Nyi Ageng Serang, Jendral Sudirman, Supriyadi, Teuku Nyai Arif dan Abdul Muis yang pada intinya adalah himbauan untuk tetap mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam berjuang tanpa pamrih kedudukan ataupun pangkat serta gaji yang tinggi, serta untuk tetap semangat dengan memperhatikan bahwa bila orang lain mampu melakukan, maka kita pasti bisa.

Seusai Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di lapangan Mandala Krida dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara yang dipimpin oleh Komandan Korem 072, Brigjen TNI MS Fadillah, yang diikuti oleh segenap anggota TNI dan POLRI, Pelajar dan Mahasiwa serta utusan SKPD Lingkungan Pemda DIY. (ian/kontributor/humas)

 

Redaktur : Rudi F


 





Baca Juga