Selasa, 16/06/2015 15:37 WIB | Dibaca: 2113 kali

Pendidikan AAL Angkatan 2015 Ditutup, Luluskan 99 Taruna


Kasal saat mengalungkan medali kepada taruna yang dinyatakan lulus. Foto: doc/aal

SURABAYA - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI  Ade Supandi, memimpin Upacara Penutupan pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-60 tahun 2015 di Gedung Salahutu, AAL, Bumimoro Surabaya, Selasa (16/06/2015). Upacara tersebut menandai berakhirnya pendidikan taruna Akademi Angkatan Laut Angkatan ke-60 tahun 2015.

Dalam acara itu, Kasal bertugas mengalungkan medali, sedangkan Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, menyerahkan ijazah D4 (disetarakan S1) dengan Gelar S.S.T.Han (Sarjana Sains Terapan Pertahanan).

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan selain memperoleh gelar sarjana, para taruna juga berhak menyandang pangkat letnan dua setelah disumpah dalam upacara Prasetya Perwira yang rencananya 30 Juli mendatang di Akademi Kepolisian Semarang. Ia mengatakan, berakhirnya masa pendidikan di AAL merupakan awal dari rangkaian panjang penugasan dan pengabdian yang sesungguhnya sebagai perwira TNI AL.
 
"Prestasi akademik yang dicapai di AAL belum menjamin akan mencapai keberhasilan dan prestasi di medan penugasan karena keberhasilan lebih ditentukan tekad dan integritas yang kuat serta kemampuan merespon dinamika lingkungan penugasan yang dinamis dan bervariasi," katanya.
 
Ia mengimbau para taruna untuk menunjukkan dan meningkatkan prestasi di medan penugasan yang penuh tantangan dan dinamika. "Tugas seorang prajurit bukanlah ringan, penuh rintangan yang kompleks dan jiwa serta raga adalah taruhannya," tukas Kasal sebagaimana dalam rilis AAL Bimimoro kepada Jogjakartanews.com.
 
Sebanyak 99 Taruna AAL telah dinyatakan lulus, antara lain Korps Pelaut 41 orang, Korps Tehnik 17 orang, Korps Elektronika 10 orang, Korps Suplai 10 orang dan Korps Marinir 21 orang. Mereka yang mengikuti penutupan pendidikan ini adalah para taruna yang telah berhasil dididik, dilatih, dibina, diasuh dan digembleng baik fisik, mental maupun akademik selama empat tahun lamanya di kampus Bumimoro AAL.
 
Keluar sebagai lulusan terbaik masing-masing korps dan berhak mendapat piagam penghargaan adalah Korps Pelaut Sermatutar (P) Adyaksa Yudistira, S.S.T.Han, Korps Teknik Sermatutar (T) Furqan Mahmud Pasa, S.S.T.Han, Korps Elektronika Sermatutar (E) Hendry Eko Nurcahyo, S.S.T.Han,  Korps Suplai Sermatutar (S) Novianto Dwiandika Putra, S.S.T.Han dan Korps Marinir Sermatutar (M) Eko Sufriyanto Suriyadi Putra, S.S.T.Han. Sedangkan yang berhasil keluar sebagai lulusan terbaik dan berhak mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa adalah Sermatutar (P) Adyaksa Yudistira, S.S.T.Han. Atas prestasi tersebut, taruna asal Karanganyar, Solo itu memperoleh penghargaan berupa medali Adhimakayasa.
 
Selanjutnya, rangkaian acara penutupan pendidikan ini akan diakhiri dengan upacara Prasetya Perwira yang menandai proses lahirnya seorang perwira muda TNI AL. Para Taruna AAL yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya ini akan dilantik menjadi perwira dengan pangkat letnan dua (letda) bersama dengan Taruna Akademi Militer (Akmil), Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Akademi Kepolisian (Akpol) yang rencananya akan dilaksanakan di Akademi Kepolisian Semarang, pada 30 Juli 2015 dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir. Joko Widodo.
 
Turut Hadir dalam upacara tersebut Para Pejabat Mabesal , Para Pangkotama Wilayah Timur dan Barat, Wagub AAL, Danmen AAL, Pejabat utama AAL dan para undangan. (pr)
 
Redaktur: Aristianto Z.

 





Baca Juga