Senin, 10/08/2015 20:12 WIB | Dibaca: 1559 kali

Siapa Mau Donor? Stok Darah PMI Yogykarta Krisis!


ilustrasi. foto: doc/ist

YOGYAKARTA - Stok yang semakin menipis pasca lebaran Idul Fitri membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta tergerak untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah massal. Komunitas maupun instansi yang ada di DIY pun dibidik untuk dikumpulkan darahnya melalui kegiatan tersebut.

"Saat ini kami memaksimalkan untuk menyelenggarakan donor darah massal dari berbagai komunitas maupun instansi untuk bisa menyumbangkan darah mereka," jelas Sekretaris PMI Kota Yogyakarta, Haris Syarif Usman.

Haris menerangkan, saat ini stok darah di PMI Kota Yogyakarta sangat tipis bahkan untuk beberapa golongan stok darah kosong, sementara banyak rumah sakit di DIY dan sekitarnya begitu tergantung dengan PMI. Diungkapkannya, darah untuk golongan A, B, dan AB whole blood hingga saat ini masih kosong. Untuk golongan darah O whole blood hanya tersisa 1 kantong, golongan darah A sel darah merah 5 kantong dan trombosit 17 kantong, golongan darah B komponen sel darah merah 9 kantong dan trobosit 24 kantong, golongan darah O komponen sel darah merah 6 dan trombosit 14 kantong, serta golongan darah AB komponen sel darah merah  yang hanya tersisa 2 kantong saja dan trombosit 9 kantong.

Bagi yang ingin mendaftar sebagai pendonor, PMI Kota Yogyakarta menurut haris telah merilis informasi jadwal via website resmi PMI. Pendaftaran dibuka hingga satu minggu ke depan di tempat-tempat yang sudah ditentukan. (ning)

Redaktur: Herman Wahyudi


 



Terpopuler


Baca Juga