Jumat, 29/01/2016 21:14 WIB | Dibaca: 1490 kali

Sri Sultan: Hadapi Persaingan Global, Perlu Penataan Ulang Program


Sri Sultan HB X. Foto:doc.ist

YOGYAKARTA - Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengingatkan  pada Tahun 2016 ini Indonesia dihadapkan pada  percaturan global, dimana perubahan dalam berbagai aspek sudah menjadi keniscayaan. Pemerintah Daerah (Pemda) DIY memiliki tanggungjawab untuk mewujudkan masa depan DIY yang memiliki nilai kompetitif  sehingga mampu bersaing  di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Banyak harapan dan tantangan ketika memaknai tantangan global termasuk menata lembaga birokrasi  seperti pemerintah daerah. Dalam mengelola pemerintah daerah, kita dituntut harus lebih bener, semakin pener dan tidak keblinger mulai dari dukungan program dan kegiatan yang semakin berkualitas mengikuti dinamika perkembangan masyarakat yang semakin pesat ,” tutur Sri Sultan Sultan dikutip keterangan pers Humas Kominfo DIY yang diterbitkan Sabtu (29/01/2016).

Diinformasikan, pernyataan Sri Sultan tersebut disampaikan pada rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Ekspose Hasil monitoring APBD DIY Tahun Anggaran 2015 di Hotel Royal Ambarukmo,Yogyakarta, Kamis (28/ 01/2016). Rakor tersebut bertemakan “Refleksi Kinerja Pembangunan Daerah Menyongsong Pelaksanaan Program Dan Kegiatan Tahun 2016 yang lebih berkualitas”.

Ditekankan Sultan, program kegiatan yang  berkualitas  menjadi instrumen penting untuk mendistribusikan  uang rakyat  guna sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

“Itulah pentingnya,kita kembali melakukan redesign program yang tidak terlalu banyak,” imbuh Sri Sultan.

Sri Sultan juga mengapresiasi hasil kinerja SKPD sehingga DIY mampu menempati peringkat 2 nasional Indeks Pembangunan Manusia.

Sekadar Informasi, dalam Rakor Pengendalian Ekspose Hasil monitoring APBD DIY Tahun Anggaran 2015 juga diserahkan penghargaan kepada SKPD berkinerja tertinggi Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda DIY, PA dan KPA  berkinerja tertinggi dan SKPD berkinerja terendah yaitu instansi BPPM DIY dan dimeriahkan dengan tari Songgo Runggi dari SMK I bantul.

Turut hadir menyampaikan paparannya wakil Ktua DPRD DIY  Drs.Haris Noor Hartanto dan Ekspose diakhiri dengan dialog yang diapndu oleh Asisten Keistimewaan DR.Didiek poerwadi.(pr*/hms)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga