Selasa, 20/06/2017 23:20 WIB | Dibaca: 215 kali

Siapkan Penanganan Bencana, Kodim Yogyakarta Gladi Posko


Gladi Posko Penanganan Bencana Kodim 0734/Yogyakarta. Foto: doc. Pendim 0734

YOGYAKARTA - Kodim 0734/Yogyakarta menggelar latihan gladi posko tahun 2017, Selasa (20/06/2017). Gladi kali ini mengusung tema, ”Bersama Seluruh Komponen Bangsa Di Wilayah Membantu Menanggulangi Akibat Bencana Alam, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang”.

Gladi posko yang digelar selama tiga hari dari tanggal 20 s/d 22 Juni 2017 itu sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam.

Pada kesempatan tersebut Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setyawan, S.I.P. yang diwakilikan oleh Kasrem 072/Pamkungkas, Kolonel Inf Ida Bagus Surya, selaku Wadanlat Gladi Posko memaparkan tentang berbagai langkah terkait penanggulangan bencana.

“Gladi Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan,” ungkap Kasrem.

“Adapun tujuan dilaksanakannya Gladi Posko adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan operasional jajaran Kodim 0734/Yogyakarta. Khususnya dalam mengimplementasikan protap-protap yang ada, ”jelas Kasrem.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah, S.E,.M.M. Menurutnya, gladi posko dilakukan untuk meningkatkan hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan Olah Yudha, menyelenggarakan komando pengendalian operasi, serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando.

”Dengan kegiatan yang dipusatkan di Makodim 034/Yogyakarta, Gladi Posko itu mampu memantapkan tugas-tugas yang didapatkan dengan kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah,” kata Dandim.

“Perlu diketahui, sehari sebelum latihan dilaksanakan, telah dilakukan briefing penyelenggara, pendukung dan pelaku. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasi Ops Rem 072/Pamkungkas, bertempat di Makodim 0734/Yogyakarta. Sesuai jadwal, latihan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB,” pungkas Dandim. (pen/dim/0734)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga