Penghormatan untuk Pahlawan, Tokoh dan Seniman DIY Bakal Renungan di Bawah Patung Karya Yusman


Siluet Patung Pangsar Jenderal Soedirman karya Yusman di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Foto: Kim

YOGYAKARTA – Pameran patung karya Yusman di Jogja Gallery, Alun-Alun Utara Yogyakarta, mendapat apresiasi dari masyarakat luas dan mampu menyedot perhatian sejumlah tokoh Nasional untuk berkunjung.

Pameran tunggal bertajuk ‘Retrospektif 32 Tahun Yusman; Menandai Indonesia’ tersebut juga menginspirasi terselenggaranya ‘Malam Renungan Penghormatan Kepada Para Pahlawan Republik Indonesia’, Minggu (14/01/2018) mendatang. Acara akan digelar mulai pukul 19.00 di depan patung Panglima Besar Jendral Soedirman karya Yusman di Alun Alun Utara Yogyakarta.

Pemrakarsa ‘Malam Renungan Penghormatan Kepada Para Pahlawan Republik Indonesia’ KRMT Indro Kimpling Suseno mengatakan ide acara tersebut muncul seiring dengan momentum terpajangnya patung raksasa Pangsar Soedirman ditandu oleh 14 pasukan tentara dan rakyat Indonesia di masa- masa gerilya Pangsar Soedirman.

“Bukan sekadar patung istimewa karya Yusman semata yang menjadikan insipirasi. Tetapi justeru karena makna terkandung di balik patung yang menggambarkan suasana batin atas perjuangan para pahlawan bangsa  mengorbankan jiwa raga dalam arti sesungguhnya,” ujarnya, Senin (08/01/2017).

Dikatakan Indro Kimpling, Panglima Besar Soedirman yang menderita sakit paru-paru parah namun mampu memimpin pasukan dan menggelorakan perang melawan penjajah di sepanjang lebih dari 1000 kilo meter rute gerilya  yang dilalui, adalah hal luar biasa. Menurutnya, para pahlawan dan pejuang bangsa telah memerdekakan serta menyiapkan tempat untuk kita hidup berkecukupan sampai saat ini.

“Cita-cita beliau untuk mewujudkan kemerdekaan serta kemakmuran dan kesejahteraan bagi warga bangsa Indonesia tak pernah hilang sampai akhir hayat beliau,” imbu Indro Kimpling yang juga Direktur Jogja Gallery.

Indro Kimpling menambahkan, malam renungan yang dikemas secara sederahana bernuansa gotong royong menampilkan berbagai tokoh lintas profesi. Diantara yang akan hadir dan membacakan puisi adalah  - Kapolda DIY, Brigjend Pol Ahmad Dofiri; Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Ir Novyan Samyoga MM; Danrem 072/ Pamungkas, Brigjend TNI Fajar Setyawan SIP; Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI Komisariat DIY (IKAL DIY), Sugiyanto H Semangun.

Sederet Seniman senior juga akan mewarnai acara tersebut. Antara lain Sitoresmi, Kalisa Yati Angkoro, Umi Kulsum, Dr. Novi K Indrastuti, Widihasto WP, Turino, Dr.Kamerad, dan Karsono.

Selain Pembacaan puisi, acara juga akan menghadirkan sejumlah musisi, seperti Ari Blothong, Ain Warnain. Kemudian akan tampil juga Orkes Kroncong IKAL Jogja dan Paduan Suara Soedirman Center. Bahkan sang pematung Yusman juga akan bermusik di malam istimewa tersebut bersama Indro Kimpling. Tak sampai di situ, untuk lebih menggugah perenungan, Komunitas Jogja 45 akan menyukuhkan aksi teatrikal. Semua rangkaian acara tersebut akan dipandu oleh pembawa acara
Supriyanto dan Mbah Darmo.

“Acara ini dipersembahkan oleh Jogja Gallery, Studio Patung Yusman, IKAL DIY, dan Yayasan Soedirman. Diharapkan dengan acara ini akan mampu selalu mengingatkan  kita semua, bahwa kita memiliki para pahlawan dan pejuang bangsa. Tugas kitalah mewujudkan cita-cita beliau untuk merawat, menjaga, melindungi, menyuburkan tanah air Indonesia tercinta,” Pungkas Indro Kimpling. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS




 

 


 





Baca Juga