Jaga Keamanan dan Kenyamanan Kraton Babinsa dan Abdi Dalem Bersinergi

YOGYAKARTA – Koramil 11/Kraton Kodim 0734/Yogyakarta terus menggiatkan anggotanya dalam melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan masyarakat di wilayahnya, termasuk dengan abdi dalem Kraton Yogyakarta. Hal itu sebagaimana yang dilakukan Babinsa Kelurahan Kraton, Serda Supriyadi. Ia kerap berdiskusi dengan salah satu Abdi Dalem keraton Yogyakarta, terkait keamanan.

“Saya dan abdi dalem sering bersama untuk saling bertukar pikiran dan juga menyampaikan tentang stuasi dan kondisi wilayah, karna Keraton Yogyakarta juga sebagai Kerajaan dan juga di untuk tempat wisata, sehingga harus kita jaga kemanan dan kenyamanannya bersama-sama,” ujar Supriyadi, Senin (22/01/2018).

Menurut Supriyadi, setiap informasi dan perkembangan Babinsa selalu mengadakan koordinasi dengan Abdi dalem dan perangkat yang lainnya. Hal itu, kata dia, penting guna membantu dalam pelaksanaan tugas serta bertukar informasi yang berkembang di wilayah binaan dalam deteksi dini dan cegah dini setiap ada perkembangan di wilayah.

Sementara Kasrem Kodim 0734/ Yogyakarta, Mayor Munasik mengatakan, dengan adanya komsos secara rutin, diharapkan Babinsa dapat berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Appem Kelurahan Kraton maupun masyarakat yang ada diwilayah binaan.

“Disamping itu agar Babinsa mengetahui program-progam yang ada di wilayah Kraton Yogyakarta, sehingga dapat menyampaikan langkah langkah yang diambil, dengan harapan terjadi sinergis antara Babinsa dan pengurus Wisata Kraton Yogyakarta,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Komsos merupakan salah satu metode binter yang digunakan untuk menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan tugas peran fungsi, visi dan misi serta kebijakan komando kewilayahan.

“Hal tersebut harus diselenggarakan secara terencana, bertingkat dan berlanjut, yang dilaksanakan bersama komponen masyarakat di wilayah binaan,” tutupnya. (kt1)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com