Tingkatkan Standarisasi Kurikulum Nasional, ASAGI Gelar Konferensi di UIN Sunan Kalijaga


Konferensi I ASAGI di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Foto: Alex

YOGYAKARTA - Asosiasi Sosiologi Agama Indonesia (ASAGI), menggelar konferensi perdana di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Konferensi yang diikuti 15 Program Studi (Prodi) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia tersebut digelar selama tiga hari, sejak Minggu (16/07/2018) hingga hari ini,Rabu (18/07/2018) di Gedung Prof.RHA. Soenarjo, SH.

Ketua Umum ASAGI, Dr.Masroer Ch.Jb. M.Si, mengatakan, Konferensi ASAGI diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan standarisasi kurikulum nasional sosiologi agama di indonesia,

"Selain itu, konferensi juga bertujuan untuk menemukan distingsi keilmuan Sosiologi Agama di masing-masing Prodi Sosiologi Agama di Indonesia serta mengembangkan kapasitas keilmuan dan jaringan kerja alumni Sosiologi Agama di Indonesia," tuturnya disela-sela kegiatan, Rabu(18/07/2018).

Dijelaskan Masroer, tema besar yang diangkat dalam konferensi adalah ; 'Keberagaman diera pasca-kebenaran dalam perspektif sosiologi agama' dengan sub tema: Kajian budaya, media, dan sastra. Kemudian, Politik multikulturalisme dan identitas. Gender dan Transformasi sosial keagamaan.

Sementara itu, Ketua Program Studi Sosiologi Agama FUPI UIN Sunan Kalijaga, Dr.Adib Sofia, M.Hum, mengatakan, rangkaian agenda Konferensi dibagi menjadi tiga sesi,

"Agenda kegiatan dalam konferensi yaitu seminar nasional yang diikuti oleh peserta umum, simposium berbagai PTKIN yang mengirim makalah dan konferensi Sosiologi Agama," ungkap Sofia.

Ketua Panitia, Dr.Moh Soehadha menambahkan, dalam konferensi juga diselenggarakan diskusi khusus Distingsi Keilmuan Sosiologi Agama di Indonesia yang dihadiri oleh semua Prodi Sosiologi Agama di lingkungan PTKIN di Indonesia.

Sebelumnya, dalam Seminar dan Simposium Nasional, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA, Ph.D, berkesempatan menyampaikan kata Pendayung.

Sementara itu, hadir sebagai pembicara kunci, Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, MA (Staf Khusus Presiden Bidang Agama Tingkat Internasional). Sedangkan sebagai nara sumber adalah Prof.Dr. Phil. Al Makin, S.Ag.,MA (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga), Dr. Arwin Sumari (Wakil Sektetaris Tim SIMAN Pusat, Kemenkopolhukam RI) dan Prof. Dr. Dadang Khahmad, M.Si (Guru Besar UIN Gunungjati). (rd)

Redaktur: Ja'faruddin. AS

 

 

 

Berita Terkait

 





Baca Juga