Sabtu, 21/07/2018 22:56 WIB | Dibaca: 449 kali

Anggota Kodim Yogyakarta Digembleng Latihan Tehnis Intelejen


Prajirit Kodim 0734/Yka antusia mengikuti Latnis Unit Intel. Foto: Ist

YOGYAKARTA - Sejumlah personil Kodim 0734/Yogyakarta mengikuti latihan tehnis (Latnis) Unit Intel, di Alua Makodim,  Jumat (20/07/2018). Pelatihan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0734/Yogyakarta Mayor Inf M. Munasik.

Kegiatan ini diikuti oleh Prajurit Kodim 0734/Yogyakarta yang memiliki kualifikasi di Bidang intelijen. 

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Kodim 0734/Yogyakarta lekol Inf Bram Pramudia, S.E, melalui Kasdim menjelaskan bahwa kegiatan Latnis intelijen Kodim 0734/Yogyakarta merupakan program dari Komando atas yang wajib dilaksanakan.

Dijelaskan Mayor Munasik, pelatihan digelar bertujuan untuk menggembleng dan meningkatkan kemampuan intelijen bagi Prajurit yang memiliki kualifikasi Intel sesuai dengan bidangnya masing masing,

"Mengingat semakin pentingnya Deni (Deteksi dini) dan Ceni (Cegah dini) terhadap suatu permasalahan yang timbul, maka insan intelijen perlu dibekali pengetahuan yang cukup, agar tugas-tugas satuan intelijen dilapangan dapat bekerja dengan baik sesuai yang diharapkan," tururnya.

Kasdim juga menyampaikan bahwa tugas intelijen terdiri dari pengamanan, penyelidikan, dan penggalangan. Namun tanpa pendidikan dan pelatihan yang baik, kata dia, maka tugas pokok intelijen tersebut tidak mungkin dapat terwujud,

“Intelijen itu terkait dengan kehidupan, intelijen itu terkait dengan dinamika. Dinamika selalu berubah-ubah, dan kehidupan selalu bergulir, sehingga intelijen harus selalu dikembangkan dan harus selalu diperbaharui," ungkapnya.

"Konsep dasar maupun doktrin tidak boleh dilupakan namun metode, tehnik, maupun taktik harus selalu dirubah,” tutur Kasdim.

Kasdim berharap dengan adanya latihan, setiap insan intelijen khususnya Anggota Kodim 0734/Yogyakarta selalu waspada dan peka terhadap perkembangan lingkungannya. (kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga