Selasa, 29/10/2019 05:18 WIB | Dibaca: 1435 kali

Meneladani Nilai dan Isi Sumpah Pemuda


Ulfaturrohmah. Foto:ist

Oleh : Ulfaturrohmah*

Nilai yang terdapat dalam sumpah pemuda merupakan cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia, dengan rasa cinta nasionalisme yang memperkokoh kemerdekaan indonesia, memiliki rasa cinta dan bangga sebagai warga indonesia .

Namun tidak ada rasa lelah melihat para pejuang pahlawan nasional yang dulu, karena dengan semangat dan keberanian mereka lah yang menjadi panutan bagi generasi-generasi yang lebih maju dan berkembang kedepannya untuk mencapai cita-cita yang sama.dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).

Nilai semangat persaudaraan menjadi modal utama bagi kita semua untuk saling peduli dan gotong royong untuk membantu seseorang yang menjadi kewajiban kita terhadap sesama, untuk saling membahu Supaya tidak terpecah belah antara keduanya. Maka untuk itu, para pemuda menghargai suku dan budaya yang terkandung dalam nilai-nilai yang terdapat pada pancasila.

Sumpah pemuda lah yang mengajarkan kita untuk menghargai suku, adat, dan budaya supaya tidak membeda-beda kan satu sama lain yang menurut mereka mengikuti adat masing-masing yang mereka jalani. Supaya tidak ada suatu perbedaan mereka tidak harus saling membenci tapi saling menghormati terhadap suku maupun adat yang mereka jalani terhadap pemeluk berbangsa dan bernegara.

Sumpah pemuda lahir pada tanggal, 28 Oktober 1928. Pada peristiwa itu mewujudkan bhineka tunggal ika dengan semboyan “berbeda beda tetapi tetap satu jua”. Maksudnya adalah kita sebagai bangsa indonesia saling menghargai dan menghormati budaya-budaya mereka agar tidak saling melecehkan satu sama lain yang terdapat dalam norma-norma yang berlaku.

Adapun isi dari sumpah pemuda yaitu;

Pertama  : Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kedua    : Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Ketiga    : Kami putra dan putri Indonesia Menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia

Sumpah pemuda tercetus dalam kongres II seperti yang diungkap oleh sudiyo lewat buku

Perhimpunan Indonesia sampai dengan Lahirnya Sumpah Pemuda(1989) yaitu, dimulai pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). 28/10

Kongres I menjelaskan;

Kongres kedua ini diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928, dan kongres ini memutuskan dengan dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Ketua Kongres Pemuda II dipimpin oleh Sugondo Joyopuspito (PPPI) dan wakilnya Joko Marsaid (Jong Java). Dan, penyelenggaraan kongres pemuda hari pertama di gedung Katholikee jongelingen Bond (Gedung Pemuda Katolik). Hari kedua di gedung Oost Java (sekarang di Medan Merdeka Utara Nomor 14). Sumber,wikimedia projek(28/10)

Tujuan kongres pemuda II dikenal dengan tujuan sumpah pemuda sebagai berikut:

  1. Melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia
  2. Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia
  3. Memperkuat kesadaran kebangsaan indonesia dan memperteguh persatuan Indonesi

Rapat Pada hari ketiga di gedung Susunan Panitia Kongres Pemuda II adalah:

Ketua: Sugondo Joyopuspito

Wakil ketua: Joko Marsaid (alias Tirtodiningrat)

Sekretaris: Muhammad Yamin

Bendahara: Amir syarifuddin

Pada saat itulah kerja keras yang dilakukan oleh kongres pemuda II dan membentuk panitia sembilan diantaranya yaiti:

Ir.Soekarno(ketua)

Drs. Moh Hatta(wakil ketua)

Mr.Alexander Andries Maramis(anggota)

Abikoesno Tjoyokusumo(anggota)

Abdoel Kahar Moezakir(anggota)

  1. Agus Salim(anggota)

Mr. Achmad Soebardjo(anggota)

Kiai Haji Abdul Wachid Hasyim(anggota)

Akhirnya terbentuknya panitia sembilan itulah nama-nama tokoh pejuang pahlawan nasional yang kita teladani sampai akhir hayat. Dalam menghadapi kehidupan berbangsa dan bernegara maka dari situlah menjapai hal-hal positif untuk mencapai suatu tujuan.Waallahu’alam  bi as-as-shwaab. (*)

*Penulis adalah Alumnus PP Alhamdulillah Kemadu Rembang,  Mahasiswi Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang

 

Berita Terkait

 





Baca Juga