Rabu, 30/12/2020 23:56 WIB | Dibaca: 129 kali

Kodiklatal Siap Dirikan Prodi D-IIIKesehatan Poltek TNI AL


Pemaparan Prodi D-III Kesehatan Politeknik Angkatan Laut . Foto:ist

SURABAYA - Dalam rangka meningkatkan kualitas prajurit TNI AL di bidang kesehatan, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) berencana  mendirikan Program Pendidikan Kesehatan setingkat D-III  yang rencananya akan berada dibawah Sekolah Kesehatan TNI AL (Sekesal), Pusdikkes, Kodikdukum, Kodiklatal.

Kesiapan pendirian Prodi D-III Kesehatan Politeknik Angkatan Laut  tersebut, dipaparkan langsung oleh Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan (Danpusdikkes) Kolonel Laut (K) drg.Ketut Triwanto,Sp.Ort. dihadapan Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat serta para pejabat utama Kodiklatal di Mako Pusdikkes (30/12/2020).

Dalam paparannya, Danpusdikkes mengatakan bahwa tujuan dari pendirian Prodi D-III Kesehatan tersebut dalam rangka menyiapkan prajurit kesehatan TNI AL yang profesional dan berdisiplin tinggi serta tanggap terhadap perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keperawatan, kefarmasian dan kesehatan gigi.

"Hal ini perlu dilakukan karena sesuai dengan regulasi baru yaitu UU No 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan dan Permenkes No 43 tahun 2019, tenaga kesehatan yang melaksanakan pelayanan kesehatan harus memiliki SIP/SIPA/SIK," Kolonel Laut (K) drg.Ketut Triwanto,Sp.Ort dalam pers rilis yang diterima redaksi.

Sementara itu, prajurit TNI AL Korps Kesehatan belum memiliki SIP/SIPA/SIK karena kompetensi turun menjadi asisten tenaga kesehatan, sehingga tidak bisa melaksanakan tindakan pelayanan kesehatan.

Untuk sepuluh komponen pendidikan, Danpusdikkes menjelaskan bahwa secara umum kesiapannya rata-rata sudah mencapai 95 persen sampai dengan 100 persen, seperti Gedung perkantoran, Laboratorium terpadu, Laboratorium produksi dan pelayanan serta perpustaan.

Namun demikian masih ada beberapa yang harus mendapat perhatian khusus, yaitu tentang kerja sama dengan laboratotium gigi dan mulut RSPAL Dr. Ramelan Surabaya agar operasional pendidikan dapat berjalan dengan lancar.

Pendirian Prodi D-III Kesehatan ini merupakan implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam mencetak Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, professional dan tangguh dalam menghadapi segala tantangan. (pr)

Sumber: Pers Rilis Kodiklatal TNI AL

Redaktur:Faisal


 





Baca Juga