Selasa, 16/02/2021 21:29 WIB | Dibaca: 237 kali

Ini Dia Tips Sukses Membangun Karir Bagi Lulusan Baru


Ilustrasi

YOGYAKARTA - CEO PT. Kilang Pertamina International Ir. Ignatius Talluembang membagikan tips meraih sukses dalam berkarir kepada ribuan calon wisudwan program sarjana dan diploma UGM periode Februari 2021.

Dalam acara pembekalan wisuda yang digelar secara daring, Selasa (16/02/2021)  tersebut, Ignatius menyampaikan empat hal penting yang perlu direnungkan dan menjadi fokus bagi para calon wisudawan UGM saat memasuki dunia kerja,

“Pertama, harus memiliki passion karena akan meningkatkan performance, achievement, atau hasil-hasil yang akan dicapai,” jelasnya.

Poin kedua yaitu harus terus berlatih baik terkait cara kerja, menghadapai maupun menyelesaikan persoalan. Selain itu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guna memperkuat kemampuan dalam bekerja dan meningkatkan pencapaian.

Ketiga, memiliki harapan atau visi saat bekerja. Melalui harapan inilah akan memunculkan energi atau semangat untuk dapat bekerja lebih baik lagi.

“Keempat harus punya tujuan. Keempat hal ini harus bisa direnungkan agar nantinya Adik-adik bisa menjadi yang terbaik dan mendapatkan karir puncak saat memasuki dunia pekerjaan,” paparnya.

Ia pun turut membagikan hal yang selalu ditanamkan dalam hidupnya yaitu spirit CIPS. Semangat yang merupakan singkatan dari Change, Innovation, Professional, dan Speed tersebut mendorongnya dalam mencapai kesuksesan dalam berkarir.

Menurutnya, manusia perlu melakukan perubahan mengikuti dunia yang terus berubah dan berkembang begitu cepat. Demikian pula saat bekerja juga dituntut untuk bisa melakukan perubahan agar dapat memberikan hasil yang lebih baik.

“Kalau bekerja dengan cara yang sama maka hasilnya juga akan sama. Untuk itu perlu perubahan baik cara kerja, prosedur, teknologi, kecepatan dan lainnya agar hasilnya lebih baik, produktivitas berlipat,” urainya.

Lalu, inovasi merupakan hal yang tak kalah penting dilakukan selain perubahan. Dengan adanya inovasi diharapkan dapat meningkatkan daya saing.

Berikutnya adalah bersikap profesional. Dalam bekerja dituntut untuk profesional baik dari sisi kompetensi maupun intergritas.  

“Kompetensi dan integritas menjadikan suatu profesionalisme yang harus dibangun agar menjadi yang terbaik,”ucap alumnus Fakultas Teknik UGM ini.

Terakhir, kecepatan menjadi komponen yang juga perlu diperhatikan dalam bekerja. Hindari kebiasaan menunda pekerjaan yang bisa diselesaikan saat itu juga.

Dalam kesempatan itu turut menghadirkan Kepala Badan Standardisasi Nasional Drs. Kukuh Syaefudin Achmad, M.Sc. Ia menyampaikan sejumlah kiat sukses dalam meniti karir di awal memasuki dunia kerja.

“Yang umumnya memenangkan persaingan adalah yang punya informasi lebih banyak atau lebih dulu. Ini jadi modal yang sangat berharga,” katanya.

Lalu, usahakan memberikan nilai atau informasi lebih saat diberikan penugasan. Selain itu penting untuk memberikan perhatian terhadap lingkungan baik lingkungan kerja maupun masyarakat. 

Pembekalan wisuda oleh Ignatius Talluembang merupakan juga  wujud sinergi antara UGM dan Kagama. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Berita Terkait

 





Baca Juga