Senin, 25/10/2021 14:57 WIB | Dibaca: 256 kali

Pokmaslipas Bapas Jogja hadir di Legal Expo Kemenkumham DIY


Pokmaslipas Bapas Jogja hadir di Legal Expo Kemenkumham DIY. Foto:anggrek

Yogyakarta - Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta (Bapas Yogyakarta) turut serta berpartisipasi dalam kegiatan Ekspos Pelayanan Publik dalam rangka Hari Dharma Karya Dika Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY di Wisma Tamu Ndalem Pengayoman dan Gedung Pamer Kantor Wilayan Kementerian Hukum dan HAM DIY Jalan Tamansiswa No 23, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta, Senin(25/10/2021).

Bentuk kegiatan Ekspos Pelayanan Publik berupa gelar pameran hasil karya warga binaan pemasyarakatan yang dikemas dalam judul “Legal Expo” dan kegiatan seminar Penyuluhan Hukum bertajuk “Waspada! Penipuan Pinjaman Online Melalui SMS/Medsos”.

Bapas Jogja turut serta menghadirkan 25 klien bimbingan untuk mengikuti acara penyuluhan hukum dan menghadirkan tiga Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) yang bekerja sama dengan Bapas Jogja dalam melakukan kegiatan bimbingan klien.

Ketiga Pokmas Lipas tersebut yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) Sukamaju yang beralamat di Palihan, Bambanglipuro, Bantul, Laundry Sepatu “SHOE-OG” yang beralamat di Kadipiro, Ngestiharjo, Bantul dan KWT Sari Edum yang beralamat di Kemiri Purwobinangun, Pakem, Sleman.

KWT Sukamaju menampilkan produk tanaman hortikultura atau tanaman perkebunan seperti buah papaya, cabai, stroberi dan lain-lain dan produk olahannya seperti keripik pisang dan dodol pisang. KWT Sari Edum menampilkan produk olahan buah salak yaitu dodol salak, manisan salak dan teh bunga telang. Sementara itu, Laundry Sepatu “SHOE-OG” menampilkan cara mencuci sepatu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY Budi Argap Situngkir, yang hadir dalam acara tersebut memberikan apresiasi kepada Pokmas Lipas Bapas Kelas I Yogyakarta yang turut menyemarakkan kegiatan Ekspos Pelayanan Publik,

“Kegiatan sangat bagus. Agar terus dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk membantu pembimbingan klien di Bapas Jogja,” ungkapnya.

Peserta kegiatan yang hadir dalam acara tersebut nampak antusias menyaksikan pameran yang dihadirkan oleh Bapas Kelas I Yogyakarta.

Di sela-sela kegiatan pameran, Ketua KWT Sukamaju, Suryanto memberikan penjelasan mengenai cara penanaman tanaman hortikultura dan perawatannya kepada pengunjung.

Vicentius, salah satu klien bimbingan Bapas Kelas I Yogyakarta mengaku senang mengikuti kegiatan ini,

“Saya merasa senang mengikuti kegiatan ini. Selain mendapat pengetahuan mengenai cara menanam tanaman hortikultura Saya juga mendapat bibit tanaman buah papaya,” ucapnya.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam tersebut dilaksanakan dengan mengedepankan protokol Kesehatan namun tidak mengurangi esensi kegiatan dari pameran itu sendiri.

Selain dari Bapas Jogja, juga terdapat Unit Pelaksa Teknis (UPT) lain yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut seperti Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Kelas IIB Sleman, Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta, dan UPT lain yang berada di lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY. Kegiatan berjalan tertib, lancar dan mendapat apresiasi dari peserta yang hadir dalam acara tersebut.(ang)

Redaktur : Hennyra


 





Baca Juga