Kebal dengan Kegagalan, Suyono Meraih Sukses

BANTUL– Berbagai jalan liku demi mencapai kesuksesan telah dilalui Direktur Aselia Transport, Suyono. Terlahir dari keluarga yang pas – pasan membuat Suyono sudah akrab dengan pedih-perihnya kehidupan. Namun, hal itu justeru yang membuat pria kelahiran Ngreco, Weru, Sukoharjo ini menjadi pengusaha sukses yang kebal dengan kegagalan dan pantang menyerah.

Suyono mengisahkan, apa yang dicapainya saat ini, bukanlah sesuatu yang instan. Di masa mudanya, Suyono sudah melakoni berbagai macam bisnis. Bahkan, berapa kali merasakan jatuh bangun dalam menjalankan bisnis, Suyono sampai tak mengingatnya.

“Sudah tak terhitung barangkali. Saya pernah mencoba berjualan buku, berjualan gantungan kunci dari bahan kuningan, batik, bahkan membuka usaha di Tanah Abang,” kata Suyono yang hanya lulusan SMK.

Setelah melalui banyak tempaan kegagalan dalam berbisnis, Suyono yang juga bagian tulang punggung ekonomi keluarganya di kampung, terus berjuang demi memperbaiki nasib. Dengan bermodalkan tekad yang kuat, pada tahun 2006, Suyono ahirnya nekad membuka persewaan mobil “aselia transport”, yang berkantor di Jl. Parangtritis Km 4,5 Yogyakarta.

Ternyata, usahanya kali ini membuahkan hasil. Didukung suport relasi dan jaringan yang dimilikinya, aselia transport terus berkembang.

“Usaha rental mobil ini awalnya hanya bermodal tiga unit mobil, itupun masih kredit semua,” ujar Suyono mengenang.

Kepercayaan relasi bisnis Suyono semakin tinggi, hal itu tentunya berkat keahlian khusus yang dimiliki Suyono sebagai seorang managerial yang handal. Selain itu, Suyono juga memiliki kemampuan dibidang teknik otomotif yang mumpuni, termasuk spesialis servis AC mobil. Dengan kemampuan tersebut Suyono memberikan servis AC gratis bagi mobil relasi yang dititipkan ke perusahaannya. Tentu service-service gratis tersebut semakin menguntungkan relasinya.

“Dari situlah mulai banyak kenalan, jaringan semakin luas dan sudah banyak orang mempercayakan mobilnya untuk dititipkan di persewaan mobil Aselia,” katanya.

Dengan system kontrak kepada mobil yang dititipkan di usahanya ini, stok mobil di tempatnya semakin bertambah. Tahun ini saja, stok mobil lebih dari 63 unit. Setiap harinya, kurang lebih ada 20 unit mobil disewa pelanggan.  Guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, Aselia juga terus meningkatkan SDM Karyawan profesional, yang tentu saja hal itu membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Hingga saat ini Karyawan yang bekerja di Aselia Transport 10 orang lebih. Kendati Demikian, bukan berarti dalam menjalankan bisnisnya saat ini, segalanya berjalan mulus. Tentu ada tantangan yang harus dihadapinya.

“Ya, salah satunya saya pernah kena tipu, pelanggan saya menggelapkan mobil. Walaupun ahirnya juga ditemukan karena ada GPS yang disisipkan kedalam mobil,” katanya.

Keberhasilan Suyono dalam membangun bisnisnya adalah bukti nyata kerja keras dan kegigihannya anak manusia yang tak pernah berhenti berikhtiar.  Meski tergolong sebagai pengusaha sukses, Suyono tetap menjadi sosok yang bersahaja, ramah, apa adanya, dan tidak sombong, sebagaimana budayanya masyarakat Yogyakarta. (elo)

Redaktur: Azwar Anas

5 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.