Dialog Publik Jogjakartanews.com Berikan Kontribusi untuk Bangsa

????????????????????????????????????

YOGYAKARTA – Para nara sumber yang hadir dalam grand launching Jogjakartanews.com yang diisi dialog publik bertemakan ‘Peran Media Online Dalam Mendorong Terselenggaranya Pemilu yang Demokratis, Tertib, Aman, dan Damai guna Menjaga Keistimewaan Yogyakarta, serta Mewujudkan Cita-Cita Para Pahlawan bangsa’ menilai Jogjakartanews telah memberikan kontribusi positif terhadap upaya pencerdasan bangsa.

“Saya apresiasi Jogjakartanews.com yang telah memfasilitasi terselenggaranya acara dialog publik ini. Sedikit atau banyak, bagi saya ini bisa memberikan kontribusi positif untuk kemajuan bangsa,” tutur pembicara yang merepresentasikan akademisi, Drs. Chumaidi Syarif Romas, M.Si.

Masih menurut Chumaidi yang juga dewan penasihat Jogjakartanews.com, peran media, termasuk media online dalam konteks momen jelang Pemilu 2014 saat ini yang diharapkan adalah agar mampu mencerdaskan masyarakat dalam memilih calon-calon pemimpinnya baik di legislatif maupun eksekutif.

Sementara itu, Ketua Bawaslu DIY dalam acara dialog yang dimoderatori oleh Dewan Redaksi Aristianto Zamzani mengatakan, peran media online tak ubahnya seperti media pada umumnya. Dalam konteks Pemilu 2014 mendatang, diharapkan media mampu ikut mengontrol dan mengawasi proses Pemilu.

“Biasanya kalau semakin banyak mengawasi, orang senjadi takut untuk berbuat kesalahan. Selain kami (Bawaslu), aparat penegak hukum, tentunya media juga berperan dalam mengontrol penyelenggaraan Pemilu. Jadi peran media ini penting,” paparnya.

Sedangkan Anggota KPU DIY, Farid B Siswantoro menyatakan, peran media dalam kaitannya Pemilu 2014 diharapkan akan lebih ditingkatkan, terutama dalam memberikan pendidikan politik yang cerdas kepada masyarakat. 

“Diharapkan Jogjakartanews.com, nantinya bisa turut mencerdaskan pemilih. Di samping itu, media hendaknya lebih objektif dalam pemberitaan terkait momentum politik, agar tidak menimbulkan perspektif yang justeru menjadikan suhu politik menjadi tambah meningkat,” katanya.

Sama halnya dengan Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pujiastuti menuturkan media massa saat ini memiliki peran yang penting dan strategis dalam mendorong terciptanya kemanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya harap media bisa membuat informasi atau pemberitaan yang bisa mendorong masyarakat agar semakin memiliki kesadaran untuk lebih menjaga suasana kondusif, aman dan tertib. Dalam Pemilu ke depan kami bersikap netral dan lebih kepada tugas mengamankan saja,” tuturnya.

Sementara direktur/Pemimpin Umum Jogjakartanews.com mengatakan, Jogjakartanews.com sebagai media online sesungguhnya dikontrol oleh peraturan yang cukup banyak. Di antaranya UU Pers, UU ITE, dan ada standar khusus penulisan berita online. Jogjakartanews.com berkomitmen untuk menyajikan pemberitaan yang berkualitas, termasuk dalam pemberitaan terkait Pemilu.

“Berangkat dari misi utama Jogjakartanews.com sebagai media yang mengedepankan nilai-nilai budaya luhur bangsa, khususnya budaya Yogyakarta, kami akan berusaha menyajikan pemberitaan Pemilu sesuai standar dan etika jurnalistik, sehingga mampu memberikan kontribusi untuk mencerdaskan pemilih,” pungkasnya. (elo)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com