Musim Lobster, Nelayan Luar Daerah Hijrah ke Pantai Gunungkidul

GUNUNGKIDUL – Nelayan Gunungkidul harus bersaing dengan nelayan asal Gombong, Jawa Tengah, untuk mendapatkan udang lobster, Senin (25/11/2013).
Ketua Kelompok Nelayan Pantai Gesing, Tugimin mengatakan, musim udang lobster kali ini nelayan lokal Gunungkidul harus bekerja keras untuk mendapatkan tangkapannya. Sebab, pantai di Gunungkidul banyak didatangi nelayan luar daerah.
“Sudah sejak tiga pekan, banyak nelayan luar daerah sebagian besar dari Gombong yang mendarat di kawasan pantai ini untuk berburu lobster,” katanya ketika dihubungi wartawan.
Sementara itu, salah seorang nelayan lokal Sumarno mengaku dengan banyaknya nelayan luar daerah yang melaut di Gunungkidul membuat hasil tangkapannya tidak maksimal. Beda dengan musim udang lobster sebelum nelayan luar daerah berburu di laut Selatan Gunungkidul.
“Tangkapan kami tidak maksimal,hanya dapat 2-3 kilo gram saja. Padahal sebelumnya bisa mencapai 6 kilo gram. Untuk harga lobster sekarang per kilo gramnya sekitar Rp 300 ribu,” pungkasnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com