Keraton Mulai Sibuk Siapkan Upacara Pemakaman Gusti Joyo

YOGYAKARTA – Kabar wafatnya adik Raja Keraton Ngayugyokarto Hadiningrat Sri Sultan HB X, Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Joyokusumo membuat abdi dalem keraton mulai sibuk menyiapkan upacara pemakaman. Kawasan Bangsal Sri Manganti yang akan menjadi persemayaman jenazah Gusti Joyo, sapaan GBPH Joyokusumo, sudah terlihat ada kesibukan sejumlah abdi dalem.

Abdi dalem Keraton, KRT Jatiningrat mengatakan keraton sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut jenazah salah satu putra pahlawan Nasional Sri Sultan HB IX tersebut.

“Kami sudah mulai menyiapkan untuk upacara (pemakaman,red)” ungkap abdi dalem yang biasa disapa Romo Tirun ini.

Terkait kapan jenazah Gusti Joyo akan tiba di Yogyakarta? Romo Tirun belum bisa memastikan. Namun direncanakan jenazah yang diantar dengan pesawat khusus, akan tiba sekitar Pukul 23.00 malam ini, di Bandara Adi Sutjipto. Di Jakarta, jenazah di semayamkan di Jl. Denpasar Raya. 

“Mudah-mudahan lancar,” harapnya.

Terkait apakah Gusti Joyo akan dimakamkan di Kompleks Sapto Renggo, Imogiri Bantul? Romo Tirun belum bisa memastikan. Saptorenggo adalah salah satu kompleks pemakaman raja-raja Mataram, dimana ayah dari Gusti Joyo, Sri Sultan HB IX dimakamkan. Terkait hal itu akan menunggu arahan dari Sri Sultan HB X sebagai Raja Keraton Ngayugyokarto Hadiningrat, sekaligus keluarga almarhum.

GBPH Joyokusumo dikabarkan meninggal dunia pada usia ke 57 tahun, Selasa (31/12/2013) sekitar Pukul 17.00 WIB di Rumah Sakit Medistra Jakarta, karena sakit. (ynr)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com