Kunci Pemulihan Ekonomi dengan Mendorong Pertumbuhan Non Migas

Camera 360

YOGYAKARTA – Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan mengatakan dengan seiring membaiknya perekonomian global diyakini akan berdampak pada peningkatan volume ekspor non migas di Indonesia.

“Insyaallah dengan pemulihan ekonomi di Amerika, Jepang serta negara berkembang lainnya, ekspor migas akan dapat ditingktkan lagi di tahun 2014. Meskipun dari sisi nilai tentunya akan turun karena harga turun,” ujarnya ketika dijumpi di Puro Pakualaman, Kamis (9/1/2014).

Gita menambahkan indikasi kenaikan ekspor non migas dapat dilihat mulai 2013 di mana volumenya lebih tinggi dibanding 2011. “Kalau kita lihat volumenya pada tahun 2013 naik sebesar 30 persen, itu lebih baik pada saat di tahun 2011 dimana lagi bagus-bagusnya untuk mengekspor,” jelasnya.

Adapun komoditas ekspor non migas yang cukup berpotensi untuk di ekspor hingga saat ini, yaitu kelapa sawit dan batu bara.

Lebih lanjut, Gita menambahkan, untuk ekspor bahan mentah, ia menargetkan, akan mengalami penurunan di tahun ini. Menyusul akan diterbitkannya undang-undang yang mengatur ekspor mineral dan batu bara pada bulan Januari 2014. (ynr)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com