Jika Penambang Tidak Ditertibkan, Ekosistem Kars di Gunungkidul akan Punah

GUNUNGKIDUL – Penambangan liar batu kars di Gunungkidul semakin marak. Jika tidak ada penertiban dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, ekosistem bukit kars di Gunungkidul akan punah.

Ketua DPRD Gunungkidul, Budi Utama mengaku prihatin dengan semakin maraknya penambangan liar batu kars. Apalagi penambangan menggunakan alat berat, hal itu sangat merugikan wilayah Gunungkidul yang mempunyai keindahan alam seribu bukit kars.

“Kalau masalah ini saya sebenarnya enggan untuk berkomentar. Karena kami (legislatif) sudah mendesak eksekutif untuk menertibkan penambangan dalam bentuk rapat koordinasi (rakor),” kata Budi usai melakukan kunjungan Ujian Nasional di SMA Negeri 2 Playen, Senin (14/4/2014).

Budi mengatakan, jika penambangan itu hanya dilakukan masyarakat setempat mungkin tidak begitu merusak alam. Tetapi penambangan saat ini sudah banyak yang menggunakan alat berat dan itu ada yang penambang penambang, sengajang datang untuk mengeruk kekayaan batu kars Gunungkidul.

“Kalau masyarakat melakukan penambangan menggunakan alat tradisional tidak begitu merusak. Tapi jika terus ditambang menggunakan alat berat, mau jadi apa Gunungkidul ini,” tegasnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *