Hasil Pantauan Forpi Terkait Pelaksanaa UN akan Dilaporkan ke Walikota

YOGYAKARTA – Pada hari ketiga pelasanaan UN SMP, pemantaun terus dilakukan oleh Forum Pemantauan Independen (Forpi) Pakta Integritas kota Yogyakarta. Dari informasi yang didapatkan, bahwa hari ini, Rabu (7/5/2014) seluruh anggota Forpi kota Yogyakarta (anggota Forpi kota Yogyakarta ada lima orang-red), ikut memantau pelaksanaan UN SMP di SMP N 15 kota Yogyakarta.

Kepala SMP N 15 kota Yogyakarta, Subandiyo menuturkan, pelaksanaan UN di SMP N 15 ini hingga hari ketiga tidak ada masalah, semua berjalan dengan lancar dan kondusif. Lebih lanjut Subandiyo menjelaskan saat bertemu dengan rombongan dari anggota Forpi kota Yogyakarta, hingga pelaksanaan UN SMP hari ketiga ada 331 siswa yang mengikuti UN di SMP N 15 itu.

“Seharusnya ada 332 siswa yang mengikuti ujian, namun ada satu siswa hingga hari ketiga pelaksanaan UN ini tidak dapat mengikuti ujian dikarenakan siswa yang bersangkutan, sakit,” kata Subandiyo.

Sementara itu setelah usai ujian, beberapa anggota Forpi kota Yogyakarta menyempatkan diri seperti hari sebelumnya juga menanyakan ke beberapa siswa soal persiapan apa saja dalam menghadapi ujian termasuk apakah ada kendala dalam menjawab soal-soal yang diujikan pada hari ketiga ini adalah Bahasa Inggris. Seperti yang diakui oleh Afrah (15) salah satu siswi SMP N 15 kota Yogyakarta mengatakan bahwa persiapan yang dia lakukan selain belajar adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal-soal. “Lumayan sulit mengerjakan soal Bahasa Inggris, terutama soal kosa kata,” kata Rangga (15) siswa lain di SMP N 15 kota Yogyakarta ini.

“Tadi saya sempat menanyakan ke beberapa siswa usai ujian dan memberikan semacam motivasi agar para siswa yang mengikuti ujian tetap semangat, menjaga kondisi kesehatan serta optimis mendapatkan nilai yang memuaskan,” ujar Harry Cahya, salah satu anggota Forpi kota Yogyakarta yang ikut melakukan pemantauan di SMP N 15 kota Yogyakarta, kepada Jogjakartanews.com.

Winarta selaku koordinator Forpi kota Yogyakarta menuturkan, pelaksanaan UN SMP di kota Yogyakarta di hari ketiga khususnya di SMP N 15 kota Yogyakarta berjalan lancar dan segala masukan dari pihak sekolah atas pelaksanaan UN SMP disetiap sekolah yang dipantau oleh Forpi kota Yogyakarta.

“Hasil pemantauan yang dilakukan oleh Forpi kota Yogyakarta termasuk soal siswa KMS juga menjadi catatan penting dan akan dijadikan bahan kajian untuk selanjutnya disampaikan kepada Walikota Yogyakarta sebagai rekomendasi,” ungkap Winarta. (bhr)

Redaktur: Azwar Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.