Kepala BPBD DIY: Perbaikan Jalur Evakuasi sudah Terkoordinasikan

YOGYAKARTA – Buruknya jalur evakuasi Gunung Merapi di Sleman harus ditanggapi cepat pihak pemerintah DIY, dan khususnya Kabupaten Sleman. Pasalnya, apabila terjadi sesuatu dengan Gunung Merapi, jalur evakuasi menjadi syarat mutlak untuk digunakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Gatot Saptiadi mengatakan, pihaknya sudah mengkoordinasikan dengan pemerintah kabupaten Sleman. Termasuk Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang memberikan support peralatan dan bekerjasama dengan masyarakat serta jalur provinsi di Klaten yang sudah selesai lelang. “Dengan catatan, pengambilan pasir dikurangi,” ujarnya di Kepatihan, Rabu (7/5/2014).

Gatot menjelaskan bahwa BPBD DIY sudah menyiapkan skenario evakuasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Sementara itu, lanjutnya, terkait barak pengungsian, fasilitas belum sepenuhnya terpenuhi, misalnya air bersih. “Bahkan perlu ditambahkan dengan tenda.”

Gatot berpesan, saat ini yang dilakukan hanya mempersiapkan diri bagi masyarakat guna mengantisipasi Merapi. Gatot juga berharap agar tidak ada peningkatan status terkait Merapi. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.