Berikut ini Hasil Konferensi Waste to Energy Week

YOGYAKARTA – Director Indonesian-Netherlands Association, Elmar Bouma mengatakan, beberapa hasil pokok dari konferensi yang bertajuk Waste to Energy Week di Hotel Melia Purosani yang berlangsung 20-21 Mei 2014. Beberapa poin penting tersebut di antaranya, Uni Eropa siap memfasilitasi teknologi pengolahan sampah menjadi sumber energi.

Selain itu, kata Elmar, juga solusi pendanaan dan operasional. “Kami sudah mendiskusikan dengan perwakilamn pemerintah daerah seluruh Indonesia selama dua hari ini,” katanya kepada jogjakartanews.com, Rabu (21/5/2014) sore.

Tindakan selanjutnya, lanjut Elmar, pemerintah daerah di seluruh Indonesia harus segera menyelesaikan proses tender dengan pihak swasta. Selain itu juga penggarapan peraturan yang akan menjadi dasar pelaksana pengolahan sampah menjadi sumber energi tersebut. “Peraturannya harus memihak dan memperbaiki lingkungan hidup,” ujarnya.

Elmar berharap, proses pelelangan akan bisa berlangsung sesegera mungkin. Ia menargetkan satu hingga dua tahun, agenda tersebut bisa dimulai.

Beberapa daerah yang diproyeksi menjadi tempat awal pengolahan sampah menjadi sumber energi adalah Batam dan Palu. Selain kedua kota tadi, akan disusul Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. “Daerah-daerah yang sudah terlihat maju,” katanya. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.