Peroleh Nilai Rendah, Program Paket C Tetap Lulus

YOGYAKARTA – Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Mukti Wulandari mengakui jika sejumlah siswa yang mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C mendapat nilai jeblok. Akan tetapi, siswa tersebut tetap dapat lulus dan berhak mendapat ijazah Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C.

Mukti mengatakan, hal tersebut telah sesuai dengan standar penentuan kelulusan pada Program Pendidikan Kesetaraan. Penentu kelulusan siswa tidak hanya hasil nilai UN tetapi juga mempertimbangkan nilai sekolah.

“Memang ada beberapa siswa yang mendapat nilai di bawah 4 dalam UN. Mereka tetap lulus karena akumulasi Nilai Akhir (NA)-nya kan masih di atas batas minimal kelulusan yakni 5,5,” katanya, Minggu (25/05/2014).

Lebih lanjut Mukti menjelaskan, program kejar paket C tak seperti jenjang pendidikan formal SMA/SMK. Penentuan kelulusan pada program kejar paket C, katanya, tidak digunakan batasan minimal capaian nilai siswa dalam UN yakni 4,00.

“Meski menmperoleh nilai di bawah 4,00 siswa tetap dapat lulus asalkan capaian nilai akhir-nya memenuhi,” tambahnya. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.