Degradasi Pengamalan Nilai Pancasila Kian Memprihatinkan

HARI Lahir Pancasila atau Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan pada 1 Juni. Para pendahulu kita berjuang mati-matian untuk membela dan mempertahankan dasar negara Pancasila sebagai pedoman generasi penerus negeri ini. Mereka berharap bahwa negeri ini dapat memetik nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Namun apakah yang terjadi pada negara Indonesia akhir-akhir ini?

Banyak sekali peristiwa-peristiwa yang terjadi di negeri ini, baik dari hal-hal kecil hingga hal-hal besar yang menyimpang dari nilai-nilai Pancasila. Mulai dari kerusuhan, kriminalitas dan masih banyak kejahatan-kejahatan lain yang terjadi. Seperti yang terjadi akhir-akhir ini, banyak peristiwa memperihatinkan seperti pelecehan seksual yang terjadi pada anak usia dini, siswa sekolah dasar yang dipukuli oleh gurunya, ada pula siswa SMP yang membuat video porno, dan bahkan terjadi tawuran antar siswa SMA. Peristiwa-peristiwa di atas sangatlah memperihatinkan, terutama peristiwa yang terjadi pada anak-anak. Usia anak-anak merupakan masa dimana anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Orang dewasa seharusnya memperlakukan mereka dengan baik. Namun faktanya, mereka orang-orang yang tidak bermoral merusak anak-anak dengan tindakan yang menyimpang.

Perilaku kejahatan seperti itu tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja tetapi anak-anak juga melakukannya. Anak-anak yang menjadi korban kejahatan tersebut diberi hadiah atau bahkan diancam agar tidak mengatakan kepada siapapun atas apa yang terjadi kepadanya. Dimana letak moral bangsa ini? Mereka yang dewasa seharusnya menjaga, mengajari, dan membimbing anak-anak sebagai generasi penerus negeri ini untuk menjadi lebih baik tetapi mereka yang tidak bertanggungjawab menghancurkannya dengan tindakan mereka yang sangatlah menyimpang. Semakin banyak berita yang beredar mengenai kejahatan ini. Sangat memperihatinkan keadaan moral bangsa Indonesia saat ini.

Dari sekian banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia yang menyimpang dari nilai-nilai luhur dasar negara Pancasila ini. Pancasila hanya ingin mengajarkan kita untuk bersatu melawan kejahatan atau apapun itu yang tidak sesuai dengan bangsa ini baik dari dalam maupun dari luar. Pancasila menginginkan kita untuk saling berbuat adil tanpa pandang bulu, siapa mereka dan siapa kita. Pancasila menginginkan negeri ini dipimpin oleh pemimpin yang bijaksana. Namun dimanakah kesadaran bangsa ini akan dasar negara Pancasila? Oleh karena itu, marilah kita sebagai generasi penerus yang berbudi luhur mengajak seluruh warga Indonesia agar memperbaiki keadaan negeri kita ini. Berawal dari memperbaiki diri sendiri lalu kemudian mengajak masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta untuk Indonesia. Serta selalu berpegang teguh pada norma-norma agama dan norma lainnya yang ada di negeri ini dan mengamalkan dalam tindakan yang sesuai dengan dasar negara kita yakni Pancasila. (*)

Penulis: Anisa Muji Prasidya, mahasiswa PGSD-FIP-Universitas Negeri Yogyakarta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.