5083 Pesilat Akan Libatkan Diri di PMF III

YOGYAKARTA – Paseduluran Angkringan Silat (PAS) akan mengadakan Pencak Malioboro Festival (PMF) III, 30 Mei hingga 1 Juni 2014. Sebanyak 5083 pesilat akan terlibat selama acara tersebut berlangsung.

Ketua Panitia Pelaksana PMF III, Ludyarto Bimasena menjelaskan, sebanyak 5083 pesilat tersebut berasal dari 61 perguruan. “32 perguruan dari DIY serta 29 perguruan dari luar DIY,” ujarnya saat jumpa pers di Hotel Ceilendra, Rabu (28/5/2014).

Koregrafer Whani Dharmawan menambahkan, silat bisa dilihat dari sisi seni dan budaya. Menurutnya, silat bisa diperlakukan agar bisa berbudaya.

“Bisa mendidik orang. Seperti berbudi luhur dan sebagainya,” kata Whani. “Meskipun, peraturan masing-masing perguruan berbeda-beda.”

Whani menambahkan, silat itu bukan sekadar siapa cepat dia menang. “Tapi bisa menyadarai kesadaran kerendahan hati itu seperti apa.”

Rincian dari acara tersebut adalah workshop silat, bazar, festival komposisi pencak, khaulan, pawai malioboro/kirab, pesta pencak malioboro festival dan lomba fotografi. Adapun tempat yang akan digunakan Balaikota Yogyakarta, Ngasem, dan Alun-alun Utara. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.