Pare Anom Tingkatkan Skill Penanganan Bencana

YOGYAKARTA– Komunitas relawan penanganan dan bantuan bencana, Pare Anom 155.775 Yogyakarta, terus meningkatkan kemampuan para anggotanya dalam menangani bencana.

“Guna meningkatkan kemampuan, kami telah menggelar pelatihan rescue dan outbond di Goa Pindul ( Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul,red) dari Rabu -Kamis (28-29/05/2014) kemarin,” ungkap ketua panitia pelatihan, Wahyu Susanto, usai pembubaran panitia, Jumat (30/05/2014).

Wahyu menjelaskan, pelatihan yang diselenggarakan bekerjasama dengan PKPU Lembaga Kemanusiaan Nasional DIY tersebut diikuti oleh 97 orang yang sebagiab besar Anggota baru. Menurutnya, pelatihan kemarin adalah pelatihan ke empat yang diselenggarakan Pare Anom.

“Dalam pelatihan rescue darat dan air di Goa Pindul kemarin kami juga mendatangkan instruktur-instruktur professional,” ungkapnya.

Dijelaskan wahyu, beberapa instruktur yang digandeng adalah dari anggota PKPU DIY untuk managemen penanganan bencana, instruktur jiwa korsa dari Danyon 403 , instruktur materi tali temali dan vertical rescue dan SAR air dari SARDA DIY.

“Kami memilih lokasi Goa Pindul juga dengan pertimbangan lokasinya representative untuk diklat, dan banyak juga fasilitas permaianan untuk out bond. Peserta juga banyak yang membawa anggota keluarga, termasuk anak-anak kami agar menanamkan jiwa kepedulian untuk menolong sesama,” ungkap wahyu yang juga menjabat Ketua II bidang external Pare Anom.

Masih menurut Wahyu, saat ini are anom memiliki Anggota aktif sekitar 140 relawan yang tersebar di wilayah DIY. Dia berharap dengan pelatihan-pelatihan khusus yang telah diselenggarakan, seluruh anggotanya bisa menjalankan tugas kemanusiaan secara optimal.

“Mudah-mudahan juga ke depan semakin banyak Anggota yang bergabung di Pare Anom. Semakin banyak komunitas relawan dan semakin banyak anggotanya, Yogyakarta semakin menjadi daerah yang selalu siap siaga jika sewaktu-waktu ada bencana, sehingga bisa meminimalisir korban dan potensi kerugian lainnya,” pungkasnya. (yud)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.