Besok, Mobil Kas BI DIY Mulai Layani Penukaran Uang Baru

YOGYAKARTA – Bank Indonesia Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai Kamis (3/7/2014) besok akan mengerahkan Mobil Kas Keliling di beberapa titik Yogyakarta untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam penukaran uang baru.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Arief Budi Santosa menjelaskan, kebutuhan uang baru jelang lebaran sudah menjadi tradisi dan banyak diburu masyarakat. Oleh karenanya Bank Indonesia memfasilitasi atas kebutuhan masyarakat dengan menempatkan beberapa Mobil Kas keliling di sejumlah tempat di Yogyakarta.

Arief Melanjutkan, Bank Indonesi perwakilan DIY tahun ini menyiapkan uang sebanyak Rp3.5 Trilyun dari berbagai macam pecahan di antaranya pecahan Rp50.000,- Rp20.000,- Rp10.000,- dan Rp5.000,- angka ini jauh lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya Rp2.6 trilyun.

Pihaknya juga telah menyiapkan khusus uang pecahan kecil sebanyak Rp260 milyar untuk kebutuhan lebaran 2014. “Besok kita mulai mengoperasikan mobil kas keliling dan akan ditempatkan di beberapa titik area seperti di sekitaran Ps.Kranggan, Ps.Bringharjo, Komplek Kepatihan, Mapolda, Rs.Sardjito, kemudian kantor-kantor pemerintahan tiap kabupaten dan beberapa titik lain untuk melayani penukaran uang baru jelang lebaran 2014,” ujarnya Rabu (2/7/2014).

Langkah Bank Indonesia untuk mengeluarkan dan menempatkan mobil kas keliling di beberapa tempat dilakukan agar penukaran uang tidak menumpuk di satu tempat, hal ini juga terlihat dari kebutuhan serta daya beli masyarakat yang cukup tinggi.

Selain bisa menukarkan uang baru di mobil kas keliling, masyarakat juga saat ini sudah bisa menukarkan di 18 BPR dan Bank Konvensional di DIY karena BI DIY telah bekerjasama dengan lembaga keuangan tesebut. “Masyarakat sekarang sudah bisa menukarkan uang di Bank konvensiaonal maupun BPR yang ada di DIY tetapi jumlahnya di batasi maksimal 3 juta/orang,” jelas Kepala Bank Indonesia Perwakilan DIY.(war)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.