Jelang Lebaran, Pesanan Pakaian Muslim Berbahan Batik Meningkat 50%

YOGYAKARTA – Sudah menjadi tradisi sebagaian masyarakat saat merayakan hari raya Idul Fitri adalah belanja pakaian baru. Hal ini menjadi berkah tersendiri bagi pengrajin dan penjual pakaian batik di Yogyakarta.

Para pedagang batik di Pasar Beringharjo Yogyakarta menyatakan, permintaan berbagai jenis busana muslim pria dan wanita berbahan batik menjelang Lebaran 2014 meningkat.

“Permintaan berbagai motif busana muslim berbahan batik menjelang lebaran meningkat, biasanya dalam satu pekan terjual sekitar 15 lusin kini bisa meningkat 30 lusin,” kata seorang pedagang batik di Pasar Beringharjo, Ny. Budi (43), Minggu (20/07/2014) siang.

Pedagang batik lainnya di Pasar Ngasem, Yogyakarta Ny. Ningrum (38), kreativitas mengembangkan busana berbahan batik, mampu mendongkrak penjualan tahun ini.

“Alhamdulillah ya banyak sekolah di Jogja menggunakan seragam batik. Menjelang lebaran ini juga banyak dibuat batik koko (pakaian muslim pria) dan busana muslim terusan untuk wanitanya. Jadi permintaan pembeli juga meningkat,” ungkapnya.

Baik Budi maupun Ningrum berharap, pemerintah semakin mendorong industry batik di Yoyakarta
yang terkenal karena keindahannya, baik corak maupun warnanya. (yud)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.