Daop V Hanya Fungsikan Single Track, KA Pemudik Terlambat Tiba di Stasiun Tugu

YOGYAKARTA – Kereta Api (KA) yang mengangkut pemudik mengalami keterlambatan selama dua jam di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Sabtu (26/07/2014).

Tiga kereta api yang telat yaitu KA Gajayana, KA Malabar dan KA Lodaya. Sementara KA Malabar dan KA Lodaya juga mengalami keterlambatan masing-masing 30 menit.

Dari jadwal di Stasiun, KA Gajayana seharusnya tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 02.05 WIB tetapi karena telat KA tersebut tiba pukul 03.05 WIB.

Menurut Kepala Stasiun Tugu Yogyakarta, Sudarto, hal itu disebabkan karena lajur rel di Daop V Purwokerto hanya menggunakan single track sehingga harus bergantian dengan KA lain. Sebab, kata dia, menyambut mudik Lebaran tahun ini, PTKAI juga menambah jumlah KA.

Banyak KA yang harus mengantre di persilangan di beberapa stasiun di wilayah Daop V, diantaranya di antaranya adalah stasiun Purwokerto, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kroya, Stasiun Cilacap.

Namun demikian, dikatakan Sudarto, Pihaknya menjamin lambatnya kedatangan KA hari ini tidak akan mempengaruhi perjalanan KA lainnya dan akan segera dikoordinasikan dengan petugas tekait, sehingga arus mudik yang menggunakan KA bisa tiba sesuai jadwal.

“Atas keterlambatan ini, kami meminta maaf kepada penumpang. Akan kami koordinasikan agar ke depan lebih tepat waktu,” katanya saat dihubungi wartawan Sabtu (26/07/2014).

Berdasarkan data yang ada di Stasiun Tugu, hari ini sebanyak 57.113 penumpang yang sudah tiba.

Sebelumnya Humas PT Kereta Api Daop VI Jogja, Bambang Setyo Prayitno mengatakan,
Diprediksi hingga H-1 kedatangan pemudik yang tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta akan meningkat meskipun jumlahnya tidak signifikan.

Menurut Bambang selama arus mudik lebaran tahun ini penumpang kereta api di Daop VI Jogjakarta naik 4% di banding tahun lalu, dari 155.000 meningkat sekitar 160.000 penumpang.

Untuk kebutuhan arus mudik lebaran tahun ini, imbuh Bambang, pihaknya menyediakan 6 unit kereta tambahan. (yud)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.