Ribuan Porsi Menu Khas Jogja Akan Disajikan Saat Open House Sri Sultan HB X

YOGYAKARTA – Tradisi open house memperingati hari raya Idul Fitri yang selalu digelar Raja Kraton sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, yang akan direncanakan Senin (04/08/2014) mendatang di Bangsal Kepatihan atau kompleks kantor Gubernur DIY, dipastikan akan dihadiri ribuan masyarakat Yogyakarta.

Untuk menyambut antusisme masyarakat Yogyakarta yang ingin secara langsung ‘sungkem‘ kepada Sri Sultan, panitia open house akan menyiapkan sekitar 2000 hingga 3000 porsi aneka menu makanan khas Yogyakarta. Diantaranya, aneka macam jenang atau jajan pasar, gudeg, bakmi jowo, bakso, dan soto.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Pemda DIY Iswanto.

” Biasanya open house Sri Sultan banyak dihadiri masyarakat. Besok (04/08/2014) rencananya acara akan digelar pukul 10.00 WIB pada Senin atau hari pertama para Pegawai Negeri Sipil masuk kerja. Dalam open house itu direncanakan Sultan akan didampingi istri Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX untuk menerima jabat tangan dari warga,” tutur Iswanto.

Ditambahkan Iswanto, PNS yang tidak masuk kerja setelah diberi libur panjang selama sembilan hari, akan diberi sanksi dari Inspektorat.

Ia mengingatkan, warga DIY yang akan berhalalbihalal dan berjabat tangan dengan Sultan dimohon berpakaian rapi dan sopan,

“Diharapkan tidak memakai sandal jepit dan kaus oblong. Warga bisa datang sebelum acara dimulai agar bisa antre di barisan paling depan. Warga diharapkan antre secara rapi,” kata Iswanto.

Menurut dia, warga maupun pegawai diimbau apabila membawa tas dapat dititipkan kepada petugas agar tidak mengganggu saat berjabat tangan dengan Sultan.

Selain menggelar “open house”, Sri Sultan juga direncankan menghadiri “syawalan” atau silaturahmi dengan para pejabat di lingkungan Pemerintah DIY pada 11 Agustus 2014, pegawai dan pejabat Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Bantul pada 19 Agustus, Pemkab Sleman pada 20 Agustus, Pemkab Gunung Kidul 25 Agustus, Pemkab Kulon Progo sekaligus dengan abdi dalem keprajan pada 27 Agustus. (yud)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.