Peduli Lingkungan, Korem O72/PMK Buat Ribuan Biopori

YOGYAKARTA– Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Korem 072/Pamungkas (PMK) Yogyakarta dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DIY membuat ribuan lubang Biopori.

Kegiatan yang juga merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke 69 tersebut akan melibatkan seluruh Kodim di Wilayah Korem 072/PMK .

Menurut komandan kegiatan, Mayor Inf. Widodo, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 1 bulan secara serentak sejak tanggal 11 agustus hingga 24 september 2014 mendatang.

Pembuatan lubang biopori mulai dilaksanakan setelah prajurit mengikuti kegiatan olah raga di Timoho.

Sebelumnya, para prajurit mendapatkan arahan tentang cara membuat lubang biopori dan manfaatnya bagi lingkungan oleh petugas BLH.

Lubang biopori sangat membantu dalam peresapan air di waktu musim penghujan,serta dapat menampung air di waktu musim kemarau, sehingga tumbuhan di sekitar tidak mengalami kekeringan.

“Biopori akan kami buat di 28.000 tempat atau sebanyak 280.000 lubang. Pembuatan lubang di lahan yang terbuka, tempat genangan air, serta lahan yang kurang subur” tutur Mayor Widodo.

Widodo mengatakan, Komandan Korem 072/Pmk, Brig.Jend. TNI. MS. Fadhilah berharap, dengan  kegiatan awalan pembuatan biopori oleh prajurit Korem 072/PMK tersebut, diharapkan ke depan akan diikuti masyarakat di DIY.

“Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan kita,” imbaunya. (Penrem 072/PMK)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.