Sultan Imbau Peternak Jangan Pecut Sapi Hingga Terluka

SLEMAN – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengapresiasi kegiatan Festival Gerobak Sapi 2014 yang digelar di Lapangan Utara Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Minggu (24/08/2014) siang.

Sultan berharap kegiatan tersebut bisa mendorong pelestraian budaya. Sultan juga berharap, dengan kegiatan budaya ini, bisnis sapi juga meningkat dan mengangkat harga sapi lokal.

Oleh karenanya Sultan menghimbau agar peternak atau pemilik sapi agar menjaga peliharaannya dengan baik . Bahkan, Sultan menghimbau agar peternak tidak memecut (mencambuk) sapi peliharaannya hingga terluka.

Menurut Sultan, jika sampai kulit sapi tergores luka maka akan menimbulkan bekas meskipun sudah sembuh, dan akan mempengaruhi harga jual.

Sapi yang kulitnya terluka, tutur Sultan, hanya dapat diambil dagingnya saja untuk dikonsumsi, tetapi kulitnya tidak laku dijual.

“Padahal industri kerajinan kulit untuk berbagai kebutuhan kreasi memerlukan bahan kulit sapi yang mulus dan berkualitas bagus. Jika kulit sapi terdapat luka dan cacat maka sektor industri tidak akan mau menerimanya. Jadi harus dijaga bagaimana agar kulit sapi bisa memenuhi standar internasional,” tutur raja kraton Ngayugyokarto Hadiningrat. (ian/kontributor)

Redaktur: Rudi F

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.