Skor Kaca Mata Lawan Yaman, Performa Timnas ‘Menukik’

SLEMAN – Pertandingan antara Tim Nasional (Timnas) senior Indonesia melawan Yaman dalam laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Selasa (09/09/2014) sore, belum membuahkan hasil maksimal. Pasalnya sejak kick off babak pertama hingga menit ke 90, skor masih kaca mata alias 0-0.

Meski disokong publik sendiri, skuat Garuda ternyata masih lebih banyak berada dalam tekanan. Dalam pertandingan ini pelatih Indonesia Alfred Riedl memasang cukup banyak pemain lama yang menjadi andalannya saat di Piala AFF 2010 seperti Firman Utina, Cristian Gonzales, Irfan Bachdim, dan Hamka Hamzah.

Pada 15 menit pertama, skuad Garuda memang terlihat masih mampu mengimbangi permaian. Namun, Tim Yaman yang akhirnya banyak menguasai bola nyaris membobol Gawang Kurnia Meiga di menit ke-17 melalui tendangan Al-Asi dari sisi kanan. Beruntung, bola masih membentur mistar gawang.

Susah payah Timnas membangun serangan namun belum mampu menerobos barisan pertahanan Yaman. Firman Utina dan kawan-kawan lebih banyak memeragakan permainan umpan lambung langsung dari lini tengah ke depan, sehingga bola kerap keluar lapangan atau malah jatuh ke kaki lawan.

Yaman kembali mengancam gawang Timnas di menit ke-26, beruntung, gawang terselamatkan karena tendangan Al-Omaisi dari areal pinalti berhasil dipeluk Kurnia Meiga.

Pada babak kedua, Riedl mencoba mengubah strategi dengan melakukan cukup banyak pergantian. Di lini serang, Cristian Gonzales ditarik untuk digantikan dengan Samsul Arif. Sedangkan di lini tengah, Riedl memasukkan M. Nur Iskandar dan Ahmad Bustomi menggantikan Firman Utina dan Hariono.

Pergantian ini cukup mendongkrak intensitas serangan timnas, namun belum juga mampu menusuk pertahanan kokoh Yaman yang bermain lebih padu. Raphael Maitimo yang masuk di babak kedua cukup mengancam gawang Yaman di menit ke-84 melalui sepakan jarak jauh. Namun Tendangan Maitimo melambung tipis di atas mistar gawang Yaman.

Hasil imbang ini merupakan kedua kalinya Timnas gagal mencetak gol pada tujuh laga uji coba di bawah asuhan Riedl. Terakhir, timnas gagal mencetak gol saat dikalahkan Kuba dengan skor 0-1 dalam tur Spanyol, Maret lalu. (ian)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.