Luar Biasa, Garuda Taklukkan Macan Himalaya 2 Gol Tanpa Balas

SIDOARJO-Tim Nasional (Timnas) Indonesia menundukkan Malaysia dengan skor 2-0 dalam laga persahabatan di di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (14/09/2014). Kemennagan ini sekaligus pembuktian Timnas yang memperbaiki perfoma buruk dalam uji coba pertama melawan Yaman pada pekan lalu di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY yang berakhir 0-0.

Sejak babak pertama dimulai Timnas yang menunjukkan tempo bermain cepat berkali-kali mencoba membongkar pertahanan Malaysia. Namun upaya Zulham Zamrun, Samsul Arif, Irfan Bachdim, maupun Ahmad Bustomi belum berhasil menjebol gawang Abdul Kadir.

Dengan perjuangan yang sangat keras, tim besutan Alfred Riedl ini akhirnya membuahkan hasil di menit ke-64. Gol bunuh diri Muslim Ahmad tercipta akibat gagal mengantisipasi umpan silang Rizky Rizaldi Pora yang menusuk dari sisi kanan pertahanan Malaysia.

Rizky melakukan akselerasi melewati seorang bek Malaysia. Setelah masuk ke kotak, Rizky yang merupakan pemain Barito Putera ini langsung mengirimkan umpan silang. Bola yang datang cepat coba dihadang Muslim dengan kakinya, tapi justru masuk ke gawangnya sendiri.

Indonesia menambah angka di papan skor menjadi 2-0 pada menit ke-88 lewat sunduan Samsul Arif yang memanfaatkan umpan silang Toni Sucipto di sisi kanan pertahanan Malaysia.

Sementara Malaysia sempat mendapatkan dua peluang gol. Sepakan Noorsahrul Idlan Talaha yang tak terkawal di kotak penalti hanya membentur mistar gawang pada tiga menit babak pertama. Tim Harimau Malaya juga mendapatkan peluang serupa pada pengujung babak pertama. Beruntung eksekusi Azmi Muslim tak mampu menggetarkan jala gawang Indonesia yang sudah ditinggalkan kiper I Made Wirawan.

Sementara sang Pelatih Timnas, Alfred Riedl mengaku gembira dengan kemenangan tersebut. Sebab pelatih asal Austria menilai Tim Harimau Malaya adalah tim yang tidak mudah ditaklukkan. Bahkan jika hasil imbang yang didapat, ia sudah merasa wajar.

“Kita lihat Malaysia memberikan perlawanan yang sangat sengit, tapi Timnas berhasil memenangkan laga. Ini luar biasa,” katanya.

Laga Indonesia versus Malaysia merupakan uji coba jelang kedua tim berlaga di Piala AFF 2014. Malaysia dan Indonesia berada di grup berbeda.

Indonesia bergabung dengan tuan rumah Vietnam, Filipina dan runner-up babak kualifikasi di Grup A. Sementara Malaysia berada di Grup B bersama Singapura, Thailand dan juara babak kualifikasi. Piala AFF akan berlangsung pada 22 November hingga 20 Desember. (ian/kontributor)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.