Sultan Qurban Tujuh Sapi Gemuk dari Lereng Merapi

YOGYAKARTA – Pada Hari Raya Idul Adha 1435 H, tahun 2014 ini, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berkurban tujuh ekor sapi.

Ketujuh sapi yang diqurbankan Sri Sultan tersebut berjenis Brahman dan Peranakan Unggul atau PO yang dibeli dari peternak sapi Lokal dari daerah Cangkringan, Sleman. Sapi local dari lereng Gunung Merapi tersebut sangat gemuk dan diperkirakan menghasilkan daging 300 hingga 325 kilo gram per ekornya.

Sultan menuturkan, ketujuh sapi qurban tersebut dibeli dari dana Gubernur sendiri dan akan dibagikan ke lima kabupaten/kota serta ke Masjid Gedhe Keraton dan Masjid Gedhe Pakualaman,

“Nanti yang mengurus pembagian daging adalah panitia qurban di daerah masing-masing, tentunya agar diberikan kepada yang berhak menerima,” tuturnya usai penyerahan ketujuh sapi kepada perwakilan kabupaten/kota di DIY serta Keraton dan Pura Pakualaman, di halaman Kepatihan atau Kantor Gubernur DIY, Jumat (03/10/2014) pagi.

Pembagian kurban oleh Sri Sultan dilakukan settiap hari raya Idul Adha Tiba setiap tahunnya. Tahun-tahun sebelumnya, Sri Sultan juga berqurban tujuh ekor sapi. (ian/kontributor)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.