Kodim 0734/Yogyakarta Laksanakan TMMD Tahap II

YOGYAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II  Tahun 2014 mulai dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0734/Yogyakarta mulai Kamis (09/10/2014) berlokasi di Kelurahan Karang Waru, Tegalrejo, Yogyakarta.

TMMD Tahap II tersebut dibuka oleh Komandan Kodim (Dandim) 0734/Yogyakarta, Letkol Inf.  Renal A. Sinaga di Lapangan SMAN 4, Karangwaru,

Turut Hadir dalam pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II ini Walikota Yogyakarta, H Haryadi Suyuti dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Yogyakarta.

Dalam arahannya Dandim mengungkapkan Tema TMMD tahun ini adalah “Dengan Program TMMD, TNI bersama Polri, kementrian/lembaga Pemerintah Non Kemetrian, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen bangsa lainnya, kita optimalkan pembangunan di pedesaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

“Melalui TMMD yang berkesinambungan diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang muaranya akan berguna bagi kepentingan pertahanan Negara,” tutur Dandim

Sementara itu, Kepala Penerangan (Kapen) Kodim 0734/Yogyakarta Kodim Kapten Inf Parja dalam keterangan resmi yang diterima redaksi menjelaskan, Pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap II ini akan dilaksanakan selama 20 hari mulai tanggal 09 hingga 29 Oktober 2014 dengan melibatkan 92  personil dari TNI Polri dan 10 orang Menwa tiap Minggu dan 30 warga  masyarakat.

Menurutnya pendanaan TMMD Sengkuyung Tahap II 2014 berasal dari Anggaran sebesar Rp 326 Juta dari APBD Daerah Istimewa Yogyakarta  sebesar Rp 53 Juta dan APBD Kota Yogyakarta Rp 273 Juta.

Kegiatan fisik yang akan dilaksanakan antara lain pembuatan  talud permanen di kali Buntung sepanjang 51 meter, Rehab Balai RW, Rehap rumah 5 unit dan rehab MCK 1 unit.

“Sedangkan sasaran non fisik berupa kegiatan sosialisasi bahaya HIV/AIDS oleh Dinas Kesehatan, Sosialisasi menangkal Fanatisme Agama yang sempit, antisipasi pengaruh terorisme dan timbulnya faham aliran sesat dari Kemenag Kota Yogyakarta, Sosialisasi Pekat dan Narkoba oleh Polresta  Yogyakarta dan Sosialisasi Bela Negara dan Cinta Tanah Air dari Kodim 0734/Yogyakarta,” ungkapnya.

Sementara Walikota Yogyakarta, H Haryadi Suyuti menuturkan, kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II ini merupakan salah satu solusi yang diberikan oleh  TNI untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat baik masalah sosial maupun masalah lingkungan. TMMD adalah salah satu peran nyata TNI dalam memajukan Kota Yogyakarta. (Pr)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.