Teater Roempoet UMC Deklarasi Pemuda Anti Korupsi

CIREBON – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Roempoet Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) mengadakan refleksi sumpah pemuda dikampus 1 UMC. Dengan menggandeng para pelajar SMK Ulil Albab, aktivis mahasiswa tersebut menggelar Deklarasi Pemuda Anti Korupsi.

Ketua Pelaksana kegiatan, Jainudin mengatakan Dijelaskan Jaenudin, deklarasi Pemuda Anti Korupsi dalam kegiatan refleksi sumpah pemuda yang dihelat lembaganya, adalah sesuai tema yang diusung, yaitu “Pemuda Indonesia Bukan Sampah, Roempoet Abdi Bangsa”.

“Pemuda Indonesia harus menjadi pelopor pencegahan korupsi. Sebab, korupsi adalah momok yang bisa menghambat majunya sebuah bangsa,” ungkapnya dalam rilis yang diterima jogjakartanews.com, Rabu (29/10/2014) malam.

Lebih lanjut dijelaskan jaenudin, refleksi peringatan sumpah pemuda yang digelar juga untuk menegaskan fungsi pemuda dan mahasiswa, yaitu bahwa pemuda dan mahasiswa Indonesia adalah pemuda yang mampu berkarya dan mampu bersaing di Era globalisasi dan liberalisasi ekonomi dunia saat ini.

Mengapa dengan kemasan seni? Hal itu menurut Jaenudin karena seni adalah media yang sangat efektif untuk sarana menanamkan nilai-nilai sosial kepada masyarakat.

“Seni bukan sekadar tontonan, melainkan bisa juga menjadi tuntunan,” tukas aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat UMC ini.

Masih menurut Jaenudin, rangkaian acara dalam refleksi sumpah pemuda yang digelar yaitu Tetrikal banjir pemuda, Pementasan perkusi dari Roempoet Percusion. Dalam pementasan tersebut dilibatkan lebih dari 100 penabuh perkusi yang berkolaborasi dengan Drum Band dan Paduan suara dari SMK Ulil Albab. Refleksi diakhiri dengan pementasan teater SMK Ulil Albab.

“Kegiatan ini juga dihadiri oleh komunitas Oi cirebon dan kang Cipi Oi (Seniman Cirebon),” pungkasnya. (pr/ded)

Redaktur: Tarnowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.