Ini Seruan Menteri Susi dalam Peringatan Hari Nusantara

YOGYAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan RI sekaligus Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia, Susi Pudjiastuti kembali mengkampanyekan semangat kemaritiman dalam peringatan Hari Nusantara.

“Kita harus menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama pembangunan nasional. Kita harus memiliki komitmen bahwa laut harus menyejahterakan rakyat Indonesia, dan komitmen kuat untuk menegakkan kedaulatan di atas laut kita,” tegas Susi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY, Dr. Ir. Didik Purwadi, MEc, dalam acara Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2014 di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Sabtu (13/12/2014) pagi.

Dikatakan Susi pembangunan nasional harus ditopang oleh 5 pilar utama yaitu pembangunan kembali budaya maritim, komitmen menjaga dan mengelola sumber daya laut dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut, komitmen mendorong pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, diplomasi maritim yang mengajak semua mitra Indonesia untuk bekerjasama pada bidang kelautan dan membangun kekuatan pertahanan maritim.

“Peringatan Hari Nusantara bertujuan untuk mengingatkan kembali serta mengubah mindset bangsa indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut. Sebab, dua per tiga dari wilayah Indonesia adalah laut,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari laman Pemda DIY.

Upacara peringatan hari Nusantara denga tema “Membangun Nusantara dengan Inovasi Maritim Anak Bangsa” tersebut diikuti oleh peserta dari TNI, Polri, Pol PP, PNS, FKPPI, Menwa, Pramuka, pelajar SMU/SMK serta SMP. Bertindak sebagai komandan upacara, Mayor Laut (PM) Edwin Heriyana.

Dalam  acara upacara tersebut, diserahkan berbagai hadiah dan penghargaan bagi pemenang lomba kelautan dan perikanan tingkat DIY dan Nasional . (pr/kontributor)

Redaktur:  Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.