Tinjau Lokasi Bencana Banjarnegara, Presiden Ingin Evakuasi Dipercepat

BANJARNEGARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung lokasi bencana tanah longsor di Dusun Jemblungan, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (14/12/2014).  Kedatangan Jokowi didampingi ibu Negara, Iriana, disambut gembira warga korban bencana, para relawan, dan masyarakat sekitar tempat pengungsian.

Dalam kunjungannya, jokowi yang mengenakan stelan lengan panjang putih dipadu celana hitam, tak ragu-ragu untuk terjun langsung ke lokasi dimana Tim SAR Gabungan tengah melakukan proses pencarian dan evakuasi korba.

Bahkan, ketika para relawan hendak menyambut, Jokowi sambil tersenyum berucap,

“Lanjutkan saja kerjanya, biar cepat,” tutur Jokowi.

Jokowi yang dikawal Paspampres juga sempat beberapa kali berpindah tempat jika evakuasi dilakukan lebih cepat. Sepatu dan celana yang dikenakan Presiden, bahkan terlihat penuh dengan lumpur.

Jokowi meminta evakuasi korban longsor diselesaikan lebih dulu sebelum kegiatan yang lain dilakukan.

“Yang paling penting sekarang evakuasi dulu,” kata Jokowi.

Presiden menjelaskan untuk mempercepat evakuasi, akan segera diupayakan agar alat berat ekskavator bisa menjangkau lokasi.

” Diperkirakan besok ekskavator masuk karena memang kondisinya seperti itu,” imbuh Presiden.

Presiden juga menghimbau agar masyarakat terutama di Jawa Tengah yang terdapat banyak sekali  titik-titik rawan longsor, agar lebih waspada dan hati-hati.

“Ya harus hati-hati lah di musim hujan ini,” pesan presiden.

Presiden beserta Ibu Negara juga mengunjungi tempat pengungsian warga Dusun Jemblung di Desa Ambal, Kecamatan Karangkobar.

Di tempat itu, Presiden memberikan bantuan kepada para pengungsi khususnya yang rumahnya tertimpa tanah longsor. Usai memberikan bantuan, Presiden beserta Ibu Negara Iriana meninggalkan lokasi bencana. (wo/kontributor)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.