3.500 Pramuka Ikuti Perkemahan Penggalang Ma’arif NU

CIREBON – Perkemahan Penggalang Ma’arif NU Nasional (Pergamanas 2015) akan digelar mulai hari ini, Kamis  (08/01/205) hingga 12 Januari 2015, di Pondok Pesantren Khos Kempek Cirebon, Jawa Barat.  Pergamanas 2015 dengan tema “Sako Ma’arif Bersatu, Berkarya, Membangun Karakter”, tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas), Adhyaksa Dault .
 
Menurut Adhyaksa Dault  NU juga bisa diartikan sebagai Nusantara Utuh. Peran dan nilai-nilai yang didakwahkan NU, kata Adhyaksa, selama ini dalam menjaga keutuhan NKRI sangat besar.

“Tahun 2015 dan seterusnya adalah tahun-tahun dimana SDM antar negara akan bersaing ketat, dan NU telah memulai 2015 dengan semangat baru, semangat pramuka untuk perubahan,” ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima jogjakartanews.com.  
 
sementara HZ Arifin Junaidi Ketua PP LP Ma’arif NU mengutarakan selama perkemahan peserta memperolah pendidikan keislaman yang membumi, yang ramah, santun, bernilai tinggi serta sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945.

“Pembangunan karakter seperti itu  ada dalam setiap Gerakan Pramuka Ma’arif NU, dengan berbagai proses pendidikan yang menyenangkan,” ungkap Arifin.
 
Sementara itu Ketua Panitia kegiatan, Soleh Abwa menjelaskan peserta Pergamanas adalah anggota pramuka tingkat penggalang di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, tingkat MTs dan SMP se-Indonesia yang berjumlah 3.500  peserta, dengan perincian dari Provinsi Jawa Barat 454 orang dan peserta dari Aceh hingga Papua 3.039 orang.

Dalam pembukaan Pergamanas dipentaskan Tari Topeng , Sintren dan beberapa kesenian Cirebon.
 
Akan hadir memberikan materi selama perkemahan beberapa menteri Kabinet Kerja RI diantaranya:
Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga, Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa, Hanif Dhakiri, Imam Nahrawi, Marwan Ja’far, Prof. Dr. M. Nasir, Yohanan Yambise, Nila F Moeloek, Siti Nurbaya Bakar, Anies Baswedan, Lukman Hakim Saefuddin, Amran Sulaiman, Rudiantara, dan Arief Yahya. (pr)

Redaktur: Rudi F
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com