Jogjakartanews.com Buka Kursus Jurnalistik Gratis Nasional

YOGYAKARTA – Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang kian pesat saat ini menjadikan semua orang bisa mengakses berbagai berita dan informasi, hanya dengan telepon selular yang dilengkapi fasilitas internet.

Tak sekadar hanya mengakses, seseorang juga bisa menjadi penyebar berita dan informasi, biasanya menggunakan media sosial (medsos). Informasi yang disampaikan seseorang melalui medsos tak hanya soal curahan hati (Curhat) pribadi, namun ada juga yang bernilai berita dan relevan dengan kepentingan publik, sehingga layak untuk diketahui masyarakat luas.

Meski semua orang saat ini berpotensi menjadi seorang jurnalis, namun kadang kurang disadari atau sudah disadari namun tak memiliki kepercayaan diri dan kemampuan untuk menyebarluaskan ke publik yang lebih luas.

Apa yang diinformasikan melalui medsos biasanya hanya sebuah pesan singkat, sesuai apa yang ia lihat dan dengar, tanpa menggali lebih dalam informasi atau kejadian agar menjadi berita yang lengkap dan jelas untuk dikonsumsi masyarakat luas. Sebab, pengguna media sosial belum tentu seorang jurnalis dan memiliki kemampuan jurnalistik yang cukup.

Melihat potensi jurnalis dari masyarakat pengguna medsos tersebut, jogjakartanews.com sebagai media massa online membuka kesempatan kepada masyarakat di seluruh Indonesia (Nasional) untuk belajar jurnalistik secara gratis melalui online di facebook.

Peserta bisa belajar, bertanya, dan berinteraksi langsung dengan mentor-mentor jurnalistik berpengalaman dari jogjakartanews.com kapan saja, tidak dibatasi waktu, selama 24 jam non stop dengan melalui chating facebook. Peserta bahkan bisa berpraktik langsung menyusun berita saat kejadian dengan panduan mentor. Jika peristiwa besar, mentor akan memandu langsung melalui telepon, dan hasil reportase (liputan) yang sudah memenuhi standar berita akan dimuat di jogjakartanews.com agar bisa diketahui masyarakat luas.

Menariknya lagi, peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan jurnalistik resmi dari jogjakartanews.com (PT.Media Wartatama Berdikari) setelah minimal 3 bulan aktif mengikuti kursus, dan sertifikat tersebut akan dikirimkan ke alamat peserta dengan biaya pengiriman ditanggung jogjakartanews.com. Selain itu, peserta kursus juga berkesempatan menjadi wartawan professional, baik di jogjakartanews.com maupun media-media massa terkemuka lainnya.

Adapun syarat-syarat peserta kursus gratis jurnalistik jogjakartanews.com sangat mudah, yaitu: warga Negara Indonesia usia minimal 17 tahun, pengguna facebook minimal sudah 3 tahun dengan memiliki minimal 300 teman, mengirimkan scan identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa) ke email: jogjakartanews@gmail.com, dan Menyukai (like) fan page https://www.facebook.com/jogjakartanewscom . Pendaftaran kapan saja dimulai hari ini hingga 28 Oktober 2015. Jadilah pewarta yang turut mencerdaskan bangsa. Selamat bergabung. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.