Bersiap Hadapi Persaingan Global, PB HMI Buka English Program

JAKARTA – Pengusaan bahasaha internasional, terutama bahasa Inggris menjadi sangat penting bagi generasi muda di era persaingan global saat ini. Sebagai wujud kepedulian terhadap tantangan tersebut, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) membuka ‘English Program for HMI’.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian PB HMI akan pentingnya belajar bahasa inggris untuk meningkatkan kepedulian terhadap kader HMI yang ingin berkiprah dikancah internasional, dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sekarang ini,” tutur Sekjen PB HMI periode 2013-2015, Mulyadi P. Tamsir, saat menghadiri peringatan Milad PB HMI ke 68 di Jakarta, Kamis (05/02/2015) .

Sementara menurut Ketua Bidang Kewirausahaan PB HMI, Ariyanto Tinendung. Kegiatan English Program for HMI merupakan kerjasama bidang kewirausahaan dan Hubungan Internasional PB HMI.  Launching Englis For HMI, yang diadakan di Kantor PB HMI lama, Jl. Diponegoro 16 A Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (04/02/2015) kemarin mendapat respon yang sangat luar biasa.  

“Sekitar 40 orang hadir dalam acara tersebut, baik dari pengurus PB sendiri dan juga beberapa Anggota HMI yang berada pada lingkup Jobodetabek,” katanya.

Menurut Ariyanto,  untuk menghadapi MEA setidaknya sangat perlu bagi kader HMI untuk menguasai bahasa Ingris dengan aktif, agar kedepanya mampu bersaing dan menjadi pelopor dari organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia. Karena untuk memenangkan pasar Global, kata dia,  kuncinya adalah dengan menguasai bahasa Ingris dengan baik dan benar.

Ketua Bidang Hubungan Internasional PB HMI, Ahmad Tantawi menambahkan, agenda English Program for HMI akan belangsung selama dua bulan.  Dalam pelaksanaannya, dibuka dua dua kelas program speaking dan program TOFL dan kelas akan dimuali efektif pada 9 Februari mendatang.

“Kami mendatangkan mentor langsung dari kampung inggris di Pare, Jawa Timur,” kata Tantawi.

Dia berharap acara tersebut bisa memacu semangat kader-kader HMI supaya lebih giat berlatih berbahasa Inggris agar kedepanya bisa menjadi pelopor dalam konsolidasi tingkat nasional dan internasional.

Di sisi lain, Fungsionaris PB HMI Bidang kewirausahaan, sekaligus pengusaha muda Aristianto Zamzami menyambut baik program bahasa inggris untuk kader-kader HMI tersebut.

Dikatakan Zami, sapaan akrabnya, memasuki era MEA ini memang diperlukan kemampuan khusus berbahasa internasional (Inggris). Akan tetapi, kata Zami, untuk belajar Bahasa Inggris hingga aktif, tidak bisa dilakukan secara instan. Sehingga ia berharap, peserta serius dan konsisten mengikuti kegiatan tersebut.

Selain itu, Zami menganggap kemampuan berbahasa Inggris hanya merupakan faktor pendukung menghadapi MEA,  Namun yang tak kalah penting adalah bagaimana setelah mahir berbahasa Inggris, kader-kader HMI mampu menciptakan inovasi dalam bidang ekonomi untuk menciptakan produk atau jasa yang berdaya saing tinggi dan mampu dipasarkan ke Negara-negara lain.

“MEA kan pada perinsipnya persaingan ekonomi. Oleh karenanya kita harus menjadi produktif bukan konsumtif, jika ingin memenangkan persaingan global,” pungkasnya.

Sekadar informasi, pendaftaran English Program for HMI telah dibuka mulai hari ini, Kamis (05/02/2015) hingg  Minggu (08/02/2015). Untuk info selengkapnya bisa menghubungi panitia  atas nama Hari Azwar di nomor 081368345997 atau Saddam di nomor 087799940045. (pr/lia)

Redaktur: Tarnowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.